Kabar Baik! ASN Meninggal Saat Tangani Corona Dapat Pangkat Anumerta

Aparatur Sipil Negara (ASN). (Dok. Istimewa / setkab.go.id)
Aparatur Sipil Negara (ASN). (Dok. Istimewa / setkab.go.id)

JAKARTA, 123berita.com – Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta instansi segera mengusulkan “status tewas” jika di lingkungannya terdapat aparatur sipil negara (ASN) yang meninggal dunia saat menjalankan tugas dalam penanganan virus corona (Covid-19) sehingga ASN tersebut bisa memperoleh pangkat anumerta. Demikian diungkapkan Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) BKN Paryono dalam rilisnya, Rabu (01/04/2020) malam.

“Dalam pelaksanaan pelayanan perawatan terhadap pasien Covid-19, risiko terbesar yang mungkin dialami ASN saat memberikan pelayanan tersebut adalah terinfeksi Covid-19

yang kemudian menyebabkan kematian,” ujar Plt Karo Humas BKN, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Bacaan Lainnya

Pada Lampiran II Peraturan Kepala BKN Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pedoman Kriteria Penetapan Kecelakaan Kerja, Cacat dan Penyakit Akibat Kerja serta Kriteria Penetapan Tewas bagi Pegawai ASN, pengertian tewas adalah meninggal dunia dalam menjalankan tugas kewajibannya, meninggal dunia dalam keadaan yang ada hubungannya dengan dinas.

Pos terkait