Kasus Covid-19 di India Tembus 9 Juta, Warga Malas Pakai Masker

123berita.com – Kasus virus corona (Covid-19) di India terus menunjukkan lonjakan. Data terkini dari Kementerian Kesehatan setempat mencatat jumlah kasus Covid-19 telah melampaui angka 9 juta pada Jumat (20/11/2020) pagi setelah terdapat lebih dari 45 ribu infeksi baru.

Selain mengungkap ada lebih dari 9 juta kasus Covid-19, Kementerian Kesehatan India juga menyebut terdapat sekira 584 kematian dalam 24 jam terakhir, sehingga total kasus meninggal telah mencapai angka 132.162 jiwa.

Melansir Aljazeera, India saat ini menunjukkan penurunan kasus Covid-19 secara stabil dari puncak lonjakan pada September lalu. Dilaporkan, terdapat kurang dari 50 ribu infeksi baru setiap hari selama 13 hari terakhir. Kendati demikian, di wilayah Ibu Kota, New Delhi masih menunjukkan peningkatan tajam kasus baru.

Pejabat di New Delhi pada Kamis (19/11/2020) kemarin, bahkan sampai melipatgandakan denda menjadi 2000 rupee ($27) bagi warga yang tak memakai masker demi menekan kasus Covid-19.

“Pada saat kata-kata saja tidak berhasil, kita harus sedikit lebih keras,” kata Menteri Utama New Delhi, Arvind Kejriwal saat konferensi pers yang juga men-tweet bahwa kota berpenduduk 20 juta itu berada dalam “pijakan perang”.

India memberlakukan lockdown paling ketat di dunia pada Maret lalu. Namun, pembatasan itu telah memberikan pukulan telak bagi sektor ekonomi. Sejak itu, pemerintah pun melonggarkannya.

author
Journalist & Content Writer