Keren! Apple Music Luncurkan Streaming Lossless dan Audio Spasial Dolby Atmos

Ilustrasi (Foto: Alex Castro/The Verge)
Ilustrasi (Foto: Alex Castro/The Verge)

123berita.com 123readers pecinta Apple, ada kabar teranyar nih yang wajib kalian ketahui. Apple Music resmi mengaktifkan fitur streaming dan audio spasial berkualitas lossless, lho.

Mulai sekarang, jika telah menginstal pembaruan iOS, iPadOS, dan macOS teranyar, kamu akan bisa melakukan streaming trek tertentu, baik dalam audio lossless/kualitas CD standar dan lossless resolusi tinggi.

Apple menyebut kedua fitur anyarnya akan hadir hari ini berbarengan dengan acara WWDC. Kendati demikian, pengguna harus sedikit bersabar karena fitur itu baru akan muncul di aplikasi usai gelaran tersebut.

Perlu kalian ketahui juga Guys, file audio lossless menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan saat diunduh dan juga menguras lebih banyak data saat digunakan untuk streaming. Streaming AAC standar tetap menjadi default, kecuali kamu mengalihkan preferensi ke lossless di bagian aplikasi ‘Music’ di pengaturan iOS.

Melansir The Verge, Selasa (08/06/2021), Apple sebelumnya telah mengabarkan lebih dari 20 juta lagu akan tersedia dalam kualitas lossless saat peluncuran. Pihak perusahaan juga menyebut katalog Apple Music akan menyediakan lebih dari 75 juta lagu lossless pada akhir 2021.

Audio lossless eksklusif untuk Apple Music tidak tersedia untuk pembelian. Kamu juga nggak bisa meningkatkan musik yang telah dibeli atau mendapatkannya melalui iTunes Match.

Audio lossless tersedia di iPhone, iPad, Mac, dan Apple TV 4K. Dukungan untuk HomePod dan HomePod Mini akan ditambahkan setelah pembaruan perangkat lunak di masa mendatang.

Hari ini menjadi momen perdana bagi kamu untuk dapat mencoba audio spasial di Apple Music. Jutaan lagu kini menawarkan campuran imersif yang ditenagai Dolby Atmos. Teknologi ini diklaim Apple mampu menghadirkan suara dan kejernihan multidimensi yang sesungguhnya.

Raksasa teknologi itu juga telah mengumpulkan beberapa playlist untuk menampilkan pengalaman Atmos audio spasial di berbagai genre musik. Perusahaan lain seperti Tidal dan Amazon juga menawarkan format audio surround sound ini.

Kedua fitur itu kini disertakan sebagai bagian dari langganan Apple Music standar. Semakin banyak layanan musik menawarkan audio lossless dan layanan yang sudah ada seperti Amazon Music HD, menurunkan biaya tambahan yang sebelumnya mereka kenakan untuk menikmatinya. (and)

BACA JUGA