Keren! Zhurong, Robot Penjelajah Tiongkok Kirim Foto Selfie dari Mars

Robot penjelajah Zhurong Tiongkok berpose di samping wahana pendaratnya (Foto: The Verge/CNSA)
Robot penjelajah Zhurong Tiongkok berpose di samping wahana pendaratnya (Foto: The Verge/CNSA)

123berita.com – Tiongkok telah merilis gambar baru dari rover Zhurong yang mulai mengelilingi Mars akhir Mei lalu. Salah satu fotonya adalah selfie menawan Zhurong yang berpose di samping wahana pendaratnya.

“Foto tur,” tulis Badan Administrasi Antariksa Nasional Tiongkok dalam sebuah posting blog. Foto diambil dengan kamera nirkabel kecil yang ditempatkan rover di permukaan.

Bacaan Lainnya

Zhurong juga mengambil foto platform pendaratan dengan sendirinya, menunjukkan jalan yang dilalui rover. Ada banyak lagi foto Zhurong di utas Twitter, termasuk panorama yang menunjukkan cakrawala Planet Merah di kejauhan di luar rover.

Melansir The Verge, Sabtu (12/06/2021), Zhurong bergabung dengan NASA’s Perseverance on Mars bulan lalu (meskipun rover terpisah lebih dari seribu mil), menjadikan Tiongkok negara kedua yang mendarat dan mengoperasikan rover di planet ini. Zhurong diperkirakan akan terus menjelajah selama sekira 90 hari dan akan mengambil lebih banyak gambar saat menganalisis iklim dan geologi Mars.

Tiongkok berhasil mendaratkan pesawat luar angkasa di Mars pada 15 Mei 2021 lalu. Robot Zhurong beroda enam menargetkan Utopia Planitia, medan yang luas di belahan bumi Utara Mars. Kendaraan ini menggunakan kombinasi kapsul pelindung, parasut, dan platform roket untuk turun.

Pendaratan ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa, mengingat sifatnya tidak mudah. Hanya Amerika yang benar-benar menguasai pendaratan di Mars sampai sekarang. Dengan pendaratan ini, Tiongkok menjadi negara kedua yang menempatkan penjelajah di Mars.

Zhurong yang berarti Dewa Api didaratkan ke Mars dengan pengorbit Tianwen-1, tiba di permukaan planet tersebut pada Februari. Eksplorasi dilakukan dalam rangka mengamati Utopia, mengambil gambar resolusi tinggi untuk menunjukkan tempat teraman untuk diletakkan.

Tujuannya, Robot Zhurong harus didaratkan di tempat yang sebisa mungkin tidak ada kawah besar dan batu-batu besar.

Jarak Mars ke Bumi sekira 320 juta km yang berarti sinyal radio membutuhkan waktu setidaknya 18 menit sebelum diterima. Oleh karena itu, setiap tahap pendaratan Zhurong harus dijalankan secara otomatis. (and)

Pos terkait

BACA JUGA