Kisah Unik Keluarga Tanpa Sidik Jari, Sering Ketilang hingga Tak Punya SIM Card Ponsel

Amal dan Apu Sarker menunjukkan telapak tangannya yang halus tanpa sidik jari (Foto: BBC)
Amal dan Apu Sarker menunjukkan telapak tangannya yang halus tanpa sidik jari (Foto: BBC)

123berita.com – Apu Sarker menunjukkan telapak tangannya melalui video call dari tempat tinggalnya di Bangladesh. Awalnya tak ada yang tampak aneh, namun saat diamati lebih dekat terlihat permukaan halus dari ujung jarinya.

Apu, seorang pemuda 22 tahun, tinggal bersama keluarganya di sebuah desa di distrik Utara Natore. Dia saat ini bekerja sebagai asisten medis, sedangkan ayah dan kakeknya adalah seorang petani.

Laki-laki di keluarga Apu tampaknya mewarisi mutasi genetik sangat langka, di mana mereka tidak memiliki sidik jari. Kasus semacam ini diperkirakan hanya sedikit terjadi di dunia.

Tidak memiliki sidik jari bagi keluarga Apu bukanlah masalah besar.

“Menurutku dia (kakek) tidak pernah menganggapnya sebagai masalah,” kata Apu, dikutip dari BBC, Sabtu (26/12/2020).

Namun selama beberapa dekade terakhir, alur kecil yang terbentuk di sekitar ujung jari kita atau lebih dikenal sebagai dermatoglyph telah menjadi data biometrik paling banyak digunakan di dunia. Sidik jari kini banyak digunakan dalam berbagai hal, mulai dari melewati bandara hingga untuk membuka ponsel pintar.

Pada 2008, saat Apu masih belia, Bangladesh memperkenalkan kartu ID Nasional untuk orang dewasa, dan database membutuhkan cap jempol. Para petugas pun sempat dibuat bingung lantaran tak tahu bagaimana cara mengeluarkan kartu untuk ayah Apu, Amal Sarker. Akhirnya, dia menerima sebuah kartu dengan tanda khusus bertuliskan “Tanpa Sidik Jari”.

Pada 2010, sidik jari menjadi wajib untuk kepemilikan paspor dan SIM. Setelah beberapa kali mencoba, Amal bisa mendapatkan paspor dengan menunjukkan surat keterangan dari petugas medis.

Kendati demikian, dia tidak pernah menggunakannya karena takut akan timbul masalah saat di bandara. Sementara untuk SIM, meskipun mengendarai sepeda motor sangat penting untuk pekerjaan bertani, namun dia juga tidak pernah mendapatkannya.

BACA JUGA