Klasemen Akhir MotoGP 2020 Usai GP Portugal

123berita.com – Miguel Oliveira mengakhiri musim MotoGP 2020 dengan kemenangan dominan di Grand Prix Portugis, Minggu (22/11/2020) malam WIB. Pembalap Portugal mendominasi 25 lap di Sirkuit Algarve dan mengakhiri kariernya bersama Tech3 dengan kemenangan keduanya menjelang debut di pabrikan KTM pada 2021.

Sementara pembalap Pramac, Jack Miller berhasil merengkuh podium kedua, memastikan Ducati menjadi juara konstruktor pertamanya sejak 2007 silam. Adapun podium ketiga ditempati pembalap Petronas SRT Yamaha, Franco Morbidelli sekaligus memastikannya jadi runner up MotoGP 2020.

Pada laga penutup musim ini, nasib apes justru dialami juara dunia Joan Mir. Pembalap Suzuki Ecstar terlibat tabrakan dengan Francesco Bagnaia.

Kejadian itu tampaknya membuat bahu pembalap Pramac Ducati terkilir. Sementara Mir lagi-lagi harus terlibat kontak di lap kedua ketika mencoba memotong laju pembalap Avintia Ducati, Johann Zarco. Hal itu membuat posisinya melorot dari urutan 12 ke posisinya start di urutan 20.

Di depan, Oliveira menguasai balapan dan sudah unggul 1,5 detik dari Morbidelli yang mengejar di belakangnya. Kecepatan Oliveira makin tak terkejar hingga membuat jarak empat detik di akhir balapan.

Morbidelli sempat mengasapi Miller hampir sepanjang balapan, namun pembalap Pramac itu berhasil mengambil alih posisinya di lap terakhir. Miller sukses menyalip pembalap Italia itu di tikungan 13.

Di posisi lima besar, Pol Espargaro mengakhiri karier KTM-nya dengan menempati urutan keempat. Pencapaian ini membuatnya naik ke urutan lima dalam klasemen akhir MotoGP 2020. Pada balapan akhir pekan ini, posisi lima besar dikunci Takaaki Nakagami.

Di barisan tengah, Andrea Dovizioso berhasil naik dari posisi start ke-12 untuk mengakhiri penampilan terakhirnya bersama Ducati di urutan keenam. Adapun posisi ketujuh hingga sepuluh, masing-masing dihuni Stefan Bradl, Aleix Espargaro, Alex Marquez, dan Johann Zarco.

author
Journalist & Content Writer