Kolaps Akibat Covid-19, Airy Rooms Tutup Permanen

123berita.com – Jaringan operator hotel murah, Airy (Airy Rooms) akan menghentikan operasional secara permanen pada 31 Mei 2020. Kabar gulung tikarnya perusahaan ini berasal dari surat edaran yang diterima operator mitra hotel Airy.

Dalam edaran yang diperoleh Tech in Asia, pihak Airy memutuskan kerja sama dengan sejumlah pihak pengelola kamar. Hal ini bersamaan dengan keputusan pemberhentian operasional mereka secara permanen akibat lesunya industri pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Upaya ini hanya berselang sebulan setelah mitra strategis Traveloka itu merumahkan 70 persen karyawannya.

Tech in Asia telah meminta keterangan resmi pihak Airy, namun juru bicara perusahaan belum memberikan informasi lebih lanjut. Berdasarkan penelusuran di aplikasinya, pemesanan akomodasi untuk 1 Juni 2020 ke atas sudah tak lagi bisa dilakukan di semua mitra jaringan Airy Rooms. Tertulis status kamar telah habis terpesan.

Pada Maret 2020 lalu, CEO Airy, Louis Alfonso Kodoatie sempat menyuarakan optimismenya bisa melewati situasi krisis global yang berimbas pada tingkat pemesanan hunian kamar di Airy. Kodoatie mengatakan, perusahaannya sedang mengupayakan langkah pivot agar bisa mencapai target profitabilitas 2020 ini.

Industri perjalanan dan perhotelan memang tengah mengalami masa paceklik sejak pandemi Covid-19. Banyak negara mengeluarkan larangan bepergian bagi warganya serta memberlakukan pembatasan sosial di berbagai wilayah.

Bukan hanya Airy, hal sama juga dialami OYO. Mereka telah merumahkan ribuan karyawannya setelah memperkirakan adanya penurunan omset hingga 60 persen di 2020. RedDoorz dan Traveloka juga melakukan efisiensi jumlah karyawan agar tetap hidup di situasi seperti sekarang.

Airy didirikan pada 2015 dan memiliki jaringan sekira 2000 properti di Indonesia. Total ada 30 ribu kamar yang mereka kelola.

author
Journalist & Content Writer