Konflik Israel-Palestina: Pejabat Tinggi Hamas Berharap Segera Ada Gencatan Senjata

Dua bocah Palestina kakak beradik duduk di atas rudal yang tidak meledak. Rudal ditembakkan pesawat tempur Israel di Gaza (Foto: BBC/EPA)
Dua bocah Palestina kakak beradik duduk di atas rudal yang tidak meledak. Rudal ditembakkan pesawat tempur Israel di Gaza (Foto: BBC/EPA)

123berita.com – Seorang pejabat senior Hamas berharap gerilyawan Israel dan Gaza mencapai gencatan senjata dalam satu atau dua hari ke depan karena serangan lintas perbatasan terus berlanjut.

“Saya pikir upaya yang sedang berlangsung terkait gencatan senjata akan berhasil,” kata pejabat politik Hamas, Moussa Abu Marzouk kepada TV al-Mayadeen Lebanon, dikutip dari BBC, Kamis (20/05/2021).

Bacaan Lainnya

“Saya berharap gencatan senjata dicapai dalam satu atau dua hari, dan gencatan senjata akan berdasarkan kesepakatan bersama,” sambungnya.

Pernyataan Moussa Abu Marzouk ini muncul ketika tekanan internasional meningkat pada Israel dan militan Palestina untuk mengakhiri konflik.

Sementara, PM Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu (20/05/2021), mengatakan dia bertekad untuk terus melancarkan serangan sampai ketenangan dan keamanan bagi warga Israel pulih kembali.

Ada lebih dari seratus serangan udara Israel terhadap infrastruktur Hamas di Utara Gaza pada Kamis pagi. Militan Palestina membalas dengan tembakan roket ke sasaran di Israel.

Pertempuran Gaza dimulai setelah berminggu-minggu terjadi peningkatan ketegangan Israel-Palestina di Yerusalem Timur yang diduduki. Ketegangan memuncak dengan bentrokan di situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi.

Pos terkait

BACA JUGA