Kostum Iron Man Jadi Kenyataan, Militer hingga Medis Ramai-ramai Tiru Tony Stark

123berita.com – Bayangkan 123readers, jika kamu mengenakan pelindung tubuh berteknologi tinggi yang membuatmu jadi super kuat dan tak punya rasa lelah. Ehmm.. teknologi semacam itu, lebih tepatnya disebut exoskeleton, terdengar seperti kostum canggih milik Tony Stark dalam film superhero Iron Man ya.

Namun, kini kostum super hebat itu bukanlah sekadar imajinasi belaka. Pelindung tubuh seperti Iron Man itu sudah banyak dipakai dalam kehidupan nyata di dunia. Salah satu pabrikan, SuitX California juga mulai mengembangkannya.

“Tidak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa perangkat ini pada akhirnya akan dijual di toko perangkat keras,” kata pendiri SuitX, Homayoon Kazerooni, dikutip dari BBC, Senin (12/04/2021).

Simpelnya, exoskeleton adalah perangkat eksternal yang mendukung, menutupi, dan melindungi penggunanya, memberikan tingkat kekuatan dan daya tahan lebih tinggi. Perangkat ini bisa memanfaatkan tenaga baterai dan dioperasikan dengan komputer, menggabungkan motor dan hidrolik. Atau bisa pula lebih sederhana dengan desain pasif menggunakan pegas dan peredam.

“Mengintegrasikan manusia dan mesin ke dalam satu sistem membuka peluang baru,” kata pakar teknologi di konsultan manajemen Accenture, Adrian Spragg.

“Banyak aplikasi awal telah difokuskan pada aplikasi militer dan medis, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi booming penggunaan dalam berbagai kasus,” tambahnya.

Pesatnya kemajuan teknologi membuat eksoskeleton kini semakin banyak digunakan pekerja manufaktur. Versi untuk konsumen sekarang juga sedang dikembangkan guna membantu orang lebih mudah melakukan segala hal mulai dari berjalan kaki, menaiki tangga, dan aktivitas sehari-hari lainnya.

BACA JUGA