KPI Siap Sanksi Tegas TV Pelanggar Protokol Kesehatan

JAKARTA, 123berita.com – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) akan melakukan tindakan tegas terhadap lembaga penyiaran yang tidak menjalani disiplin protokol kesehatan Covid-19 dalam siarannya. Selain memberi rasa aman dalam bersiaran, kepatuhan menjalankan protokol ini akan menjadi contoh baik bagi masyarakat. Demikian disampaikan Ketua KPI Pusat Agung Suprio pekan ini.

“Kami akan memberikan sanksi tegas untuk lembaga penyiaran yang tidak menjalankan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini sangat penting selain untuk memastikan kerabat kerja dan host seluruh program siaran tidak terpapar virus mematikan ini, juga jadi contoh masyarakat,” ujar Agung Suprio, dilansir dari laman resmi Komisi Penyiaran Indonesia, kpi.go.id.

Bacaan Lainnya

Agung Suprio mengatakan, pihaknya juga mendapat surat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta KPI memberi teguran kepada lembaga penyiaran, khsusnya TV yang melanggar protokol kesehatan.

“Kami juga bertemu dengan Ketua BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan Satgas Covid-19 Donny Monardo. Beliau menyatakan dalam perang dengan virus ini sangat berkaitan dengan perubahan perilaku masyarakat,” katanya.

Menurut Agung Suprio, perubahan perilaku ini memerlukan tindakan sosialiasi kepada masyarakat dan paling efektif lewat media penyiaran, khususnya televisi.

“TV dapat menjadi ujung tombak dari penumpasan pandemi hingga ditemukannya vaksin. Sebelum vaksin ini ditemukan, maka TV jadi ujung tombak untuk mengubah perilaku masyarakat terkait pandemi,” jelasnya.

Pos terkait

BACA JUGA