Lindungi Masyarakat Rentan, Pemerintah Gulirkan Vaksinasi Tahap Ketiga

Ilustrasi (Foto: BBC/Getty Images)
Ilustrasi (Foto: BBC/Getty Images)

JAKARTA, 123berita.com – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mulai menggulirkan vaksinasi tahap ketiga sebagai bagian dari upaya mempercepat tahapan vaksinasi guna melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19. Bertujuan mencapai kekebalan komunal (herd immunity), pemerintah menargetkan pelaksanaan vaksinasi terhadap sekitar 181,5 juta penduduk Indonesia.

“Kita memulai tahap ketiga vaksinasi, yaitu vaksinasi untuk masyarakat umum di daerah rentan,” kata Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono dalam keterangan persnya usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19, dipimpin Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin (24/05/2021) di Jakarta, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Guliran vaksinasi tahap ketiga ini, ujar Dante Saksono Harbuwono, juga merupakan bagian dari upaya mempercepat laju vaksinasi dengan target 1 juta dosis dalam satu hari.

“Vaksinasi yang sekarang ini pascalebaran itu akan kita tingkatkan. Kita pernah mencapai 500 ribu suntikan per hari, mudah-mudahan kita bisa mencapai 1 juta suntikan per hari pada waktu yang dekat ini dengan berbagai macam upaya,” ujarnya.

Upaya lain yang telah dilakukan adalah dengan penyederhanaan alur pelaksanaan vaksinasi yang tadinya terdiri atas empat meja menjadi dua meja. Selain itu, terdapat pula program vaksinasi Gotong Royong yang telah digulirkan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA