Lokasi Black Box Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Ditemukan

123berita.com – Kotak hitam pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 182 yang jatuh di perairan sudah diketahui keberadaannya. Sebuah kapal pencari dan tim penyelam dari TNI Angkatan Laut rencananya akan segera mengangkat dua alat perekam penerbangan itu dari dasar laut.

“Kami sudah menemukan posisi kotak hitam itu, keduanya,” kata Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono, dikutip AFP, Minggu (10/01/2021).

“Penyelam akan mulai mencarinya sekarang dan mudah-mudahan tidak lama lagi kita akan mendapatkannya,” tambah dia.

Sejauh ini, tim pencari sudah menemukan beberapa bagian pesawat dan body part alias bagian tubuh korban. Mereka juga tengah menganalisis sejumlah benda yang diyakini sebagai roda dan potongan badan pesawat.

Koresponden BBC Asia Tenggara, Jonathan Head, mengatakan laut di bagian Indonesia ini relatif dangkal. Cuaca buruk yang sempat menghambat operasi penyelamatan kini berangsur membaik, sehingga memungkinkan upaya pencarian. Kendati demikian, untuk menemukan korban selamat peluangnya relatif kecil.

Juru Bicara Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan pihaknya telah menerima dua kantong dari Badan SAR untuk dilakukan identifikasi.

“Kantong pertama berisi barang penumpang, kantong lainnya berisi bagian tubuh,” ungkapnya kepada wartawan.

“Kami masih mengidentifikasi temuan ini,” imbuhnya.

Upaya pencarian dan penyelamatan sempat dihentikan semalaman dan baru dilanjutkan pada Minggu pagi. Empat pesawat juga telah dikerahkan guna membantu pencarian.

Pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta – Pontianak dengan nomor penerbangan SJ 182 jatuh di laut beberapa saat setelah lepas landas pada Sabtu (09/01/2021). Pesawat jenis Boeing 737 itu membawa 62 penumpang saat terbang dari Jakarta hendak menuju Kalimantan. (and)

Pos terkait