Luar Biasa! Google Untung Besar Berkat Pandemi, Raup Laba Rp259 Triliun dalam 3 Bulan

123berita.com – Pandemi Covid-19 tak selamanya berdampak negatif terhadap bisnis. Tahu nggak Solotrusters, pemilik Google, Alphabet, penghasilannya justru melonjak pada kuartal pertama karena kebijakan lockdown.

Laba bersih melonjak 162 persen ke rekor US$17,9 miliar atau sekira Rp259 triliun dalam tiga bulan hingga Maret seiring pendapatan iklan membengkak tiga kali lipat. Hal ini terjadi seiring raksasa teknologi itu menghadapi pengawasan yang semakin ketat atas kekuatannya dan pandemi membuat orang-orang beralih ke internet lebih dari sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Perusahaan mengatakan pencapaian ini berkat peningkatan aktivitas konsumen secara online.

“Selama setahun terakhir, orang-orang telah beralih ke Google Search dan banyak layanan online untuk tetap mendapatkan informasi, terhubung, dan terhibur,” kata Kepala Eksekutif Alphabet dan Google, Sundar Pichai, dikutip dari BBC, Kamis (29/04/2021).

Para analis mengharapkan kinerja yang baik karena ekonomi di seluruh dunia terus dibuka kembali, mendorong lebih banyak pengeluaran untuk iklan online.

Mencerminkan pendapatan ini, bisnis di Google Search melonjak sebesar 30 persen menjadi US$31,9 miliar (Rp462 triliun) pada kuartal tersebut. Sementara penjualan di YouTube melonjak 49 persen menjadi US$6 miliar (Rp86 triliun).

Pos terkait

BACA JUGA