Masjid Hadiah Pangeran UEA untuk Jokowi Resmi Dibangun di Solo, Segini Anggarannya

Desain Masjid Raya Syeikh Zayed Solo (Dok. Istimewa)
Desain Masjid Raya Syeikh Zayed Solo (Dok. Istimewa)

SOLO, 123berita.com – Masjid hadiah dari Pangeran Uni Emirat Arab (UEA), Syeikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi dibangun di Kota Solo. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama, Sabtu (06/02/2021).

Masjid yang merupakan miniatur Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dibangun di lahan seluas 2,9 hektare bekas Depo Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo.

Acara pembangunan dihadiri Menteri Energi UEA Suhail Al Mazrroui, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN RI Erick Thohir, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Rencananya, masjid yang menghabiskan biaya Rp5,7 triliun, bukan hanya untuk tempat ibadah, namun juga destinasi wisata religi di Jawa Tengah, terutama di Kota Bengawan.

“Kami berusaha membangun masjid mendekati Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi. Arsitekturnya sangat istimewa sehingga bukan hanya untuk ibadah, tapi juga destinasi wisata religi,” kata Menteri Energi UEA, Suhail Al Mazrroui, dilansir dari Portal Resmi Provinsi Jawa Tengah, jatengprov.go.id.

Pihaknya mengaku bangga karena masjid yang dibangun itu dinamai Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, yakni nama pendiri Uni Emirat Arab, Syaikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan.

“Kami berharap ini menjadi wisata religi yang membanggakan sehingga dapat menarik banyak wisatawan,” lanjutnya.

BACA JUGA