Masjid Resmi Pertama Athena Diizinkan Buka Kembali Saat Natal

123berita.com – Natal disambut antusias para jemaah Muslim di Athena, menyusul dibukanya kembali masjid resmi pertama di Ibu Kota Yunani setelah sempat ditutup hanya beberapa hari pascaperesmiannya pada November.

Kebijakan pemerintah melakukan relaksasi lockdown memungkinkan umat Ortodoks Yunani menghadiri misa pada Hari Natal. Itu artinya masjid juga akan dapat beroperasi.

Bacaan Lainnya

“Kami telah memutuskan, tanpa diskriminasi, bahwa setiap tempat ibadah dapat mengadakan kebaktian dan doa selama jemaah dibatasi untuk 25 orang,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Agama, Giorgos Kalantzis, dikutip dari The Guardian, Kamis (24/12/2020).

Beberapa lembaga keagamaan telah merasakan dampak tak mengenakkan akibat pemberlakuan lockdown di Yunani. Salah satunya masjid baru Athena.

Tuntutan untuk pendirian tempat ibadah bagi orang Muslim sudah ada sejak hampir 200 tahun setelah penarikan pasukan Ottoman dari kota dan hari-hari awal negara Yunani ketika baru merdeka.

“Ketika (masjid) kami akhirnya dibuka pada awal November, itu untuk lima hari dan hanya satu kali salat Jumat,” keluh imam yang ditunjuk pemerintah, Mohammed Sissi Zaki.

“Setelah lockdown, ini adalah berkah yang sangat besar,” imbuhnya.

Sejak penutupan tiba-tiba, Zaki, warga kelahiran Maroko, menjadi salah satu dari sedikit orang beribadah di masjid yang didanai negara itu. Masjid tersebut dibangun di atas bekas pangkalan angkatan laut di zona industri Iera Odos.

Setiap hari, lima kali sehari, Zaki menunaikan salat di ruangan luas berkarpet biru. Signifikansi tindakan itu tidak pernah hilang darinya.

“Dengan kebahagiaan, kepuasan, dan kelegaan yang luar biasa, kami dapat mengatakan bahwa kami benar-benar ada di sini,” kata imam berusia 55 tahun itu.

Pos terkait

BACA JUGA