Melalui PEN, Kemenparekraf Dukung Penuh Perkembangan Industri Perfilman Indonesia

123Berita.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung industri perfilman di masa pandemi Covid-19 melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan pelaku industri ekonomi kreatif khususnya perfilman terdampak signifikan akibat pandemi covid-19. Hal ini disampaikan saat meninjau salah satu bioskop yaitu XXI PGC Cililitan, Jakarta Timur pada Minggu (3/9).

Kemenparekraf memperkirakan anggaran yang di keluarkan untuk program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini sekitar Rp. 266 miliar.

Program PEN Film ini terbagi ke dalam tiga skema yaitu skema promosi, skema pembelian lisensi dan skema produksi.

Skema promosi bertujuan untuk membantu mempromosikan film-film Indonesia terpilih yang akan tayang (film siap tayang). Skema promosi pada tahun ini diperuntukan untuk 40 film panjang/film layar lebar.

Kemudian, skema pembelian lisensi, untuk memberikan apresiasi bagi pemilik film Indonesia dan meningkatkan ketersediaan film berkualitas. Dan, skema produksi diperuntukan bagi komunitas film pendek atau dokumenter daerah.

Untuk skema promosi sendiri, sudah dibuka pendaftarannya mulai dari 1 – 10 Oktober 2021. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengakses penfilm.kemenparekraf.go.id. Sedangkan, skema pembelian lisensi dan skema produksi masih dalam tahap pembahasan.

“Harapannya adalah ini bisa menggerakkan sektor perfilman, dan membuka lapangan kerja kembali seluas-luasnya,” ujar Sandi.

BACA JUGA