Menarik! Wisata Tumpeng Menoreh, Yogyakarta Tawarkan Keindahan Alam 24 Jam

Sunrise Tumpeng Menoreh. Foto: instagram.com/tumpengmenoreh

123berita.com – Selain tempat wisata di Gunung Kidul selain pantai, ada juga tempat wisata yang bernama Tumpeng Menoreh. Tak begitu jauh dari hiruk pikuk kota, tepatnya di Desa Ngragoretno, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat sebuah restoran yang menawarkan keindahan alam selama 24 jam nonstop. Yap! Tumpeng Menoreh namanya.

Sesuai dengan namanya, restoran yang berbentuk seperti tumpeng ini berada diatas perbukitan menoreh. Meski baru mulai buka pada awal Mei 2021 lalu, restoran ini kini tengah populer dengan fasilitas dan keindahan yang ditawarkan.

Bacaan Lainnya

Perlu diketahui, Tumpeng Menoreh dibangun oleh musisi Erix Soekamti. Pihaknya mengungkapkan nama Tumpeng Menoreh diambil karena perpaduan bukit yang berbentuk seperti tumpeng di perbukitan Menoreh.

“Kenapa diberi nama Tumpeng Menoreh? Karena kita punya ikon di bukit belakang bentuknya kayak tumpeng. Bentuknya kayak tumpeng. Kemudian, Menoreh sebagai identitas lokal,” terang Erix dilansir dari berbagai sumber.

Untuk menarik perhatian pengunjung, restoran ini mengandalkan keasrian alam, utamanya ketika matahari terbit pada pagi hari. Sedangkan pada siang hari Tumpeng menoreh menyajikan jajaran gunung-gunung Merapi, Merbabu, dan Merapi yang tampak gagah di tengah-tengah perbukitan Menoreh.

Tak cukup sampai di situ, saat hari mulai gelap pengunjng akan dimanjakan dengan matahari terbenam yang tak kalah cantiknya. Hingga malam tiba, pengunjung akan tetap disuguhi gemerlap kemegahan lampu-lampu kota.

Untuk menikmati keindahan tersebut, para pengunjung tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp. 50.000,- sudah dapat merasakan semua fasilitas yang ada di sana. Nantinya, pengunjung akan mendapatkan voucher yang dapat ditukarkan dengan makanan dan minuman yang disediakan.

Rute paling mudah untuk menuju lokasi ini melaluii wilayah Kabupaten Kulon Progo, DIY karena akses jalannya yang tidak begitu rumit. Untuk pengunjung yang datang dari Magelang maupun Yogyakarta dapat mengakses dengan kendaraan pribadi maupun sepeda motor non matic karena akan melalui beberapa tanjakan yang cukup curam.

Pengunjung hanya perlu mengarahkan kendaraannya menuju Dekso, Kecamatan Kalibawang, hingga naik menuju Samigaluh. Dari Samigaluh, lanjut menuju Pasar Plono dilanjutkan menuju arah Kebun Teh Nglinggo. Dari lokasi ini, pengunjung sudah dapat melihat keberadaan Tumpeng Menoreh dengan jelas.

Bagi pengunjung yang datang dari arah Purworejo dapat mengarahkan kendaraannya menuju Banyuasin, Kecamatan Loano. Setelah itu, dilanjutkan naik ke arah Sedayu hingga menuju Pasar Plono. Sama dengan rute sebelumnya, dari Pasar Plono pengunjung cukup melajukan kendaraannya ke arak Kebun Teh Nglinggo.

Nah, itu dia artikel tentang tempat wisata di Jogja terbaru yang bisa menjadi referensi kamu. (dev)

Tema Artikel:

Tempat Wisata di Jogja

Pos terkait

BACA JUGA