Mengenal Sejarah Hari Persahabatan Sedunia 30 Juli

123berita.com – Hari Persahabatan Sedunia diperingati setiap 30 Juli. Namun tahukah kamu awal mula atau sejarah peringatan salah satu hari istimewa itu?

Hari Persahabatan Sedunia kali pertama digaungkan Majelis Umum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 2011 silam.
Perayaan ini dibuat sebagai gagasan bahwa persahabatan antara orang-orang, negara, budaya, dan individu dapat menginspirasi usaha perdamaian dan membangun jembatan antara masyarakat.

Menurut situs PBB, Persahabatan Internasional dibuat untuk membagikan semangat kemanusiaan. Pasalnya, dunia saat ini sedang tidak baik-baik saja karena menghadapi banyak tantangan, krisis, dan perpecahan.

Nah, guna menghadapi persoalan tersebut, solusinya, yakni dengan mempertahankan semangat solidaritas bersama dalam bentuk persahabatan. Dengan persahabatan, ikatan hubungan antarmanusia akan timbul rasa kepercayaan hingga muncul perubahan mendasar yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan keseimbangan.

Hari Persahabatan tentunya menjadi saat paling ditunggu-tunggu untuk merayakannya bersama teman-teman. Setiap negara memiliki Hari Persahabatan dengan tanggal berbeda-beda.

Melansir Insertlive.com, Hari Persahabatan yang jatuh pada Kamis hari ini, kali pertama diusulkan di Paraguay pada 1958. PBB kemudian memutuskan 30 Juli sebagai Hari Persahabatan Sedunia secara resmi.

Memperingati Hari Persahabatan, orang biasanya merayakannya dengan membuat gelang persahabatan dan juga memberikan bunga.

BACA JUGA