Menkeu: Triwulan III 2020, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tunjukkan Perbaikan Signifikan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (Foto: Instagram-@smindrawati)
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani (Foto: Instagram-@smindrawati)

JAKARTA, 123berita.com – Perekonomian Indonesia menunjukkan perbaikan signifikan pada triwulan III 2020. Titik balik atau turning point pemulihan ekonomi di triwulan III 2020 ini juga tercermin dari data ekonomi menunjukkan adanya perbaikan di berbagai sektor.

“Pada triwulan III 2020, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar -3,49% (YoY); membaik dari triwulan sebelumnya yang sebesar -5,32% (YoY),” kata Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati pada Press Statement Menteri Keuangan terkait Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan III yang diselenggarakan secara online atau dalam jaringan (Daring), Kamis (05/11/2020), dilansir dari laman resmi Kementerian Keuangan RI, kemenkeu.go.id.

Bacaan Lainnya

“Hal ini menunjukkan proses pemulihan ekonomi dan pembalikan arah (turning point) dari aktivitas-aktivitas ekonomi nasional menunjukkan ke arah zona positif. Seluruh komponen pertumbuhan ekonomi, baik dari sisi pengeluaran mengalami peningkatan, maupun dari sisi produksi. Perbaikan kinerja perekonomian didorong oleh peran stimulus fiskal atau peran dari instrumen APBN di dalam penanganan pandemi Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional,” papar Menkeu.

Sementara itu, penyerapan belanja negara mengalami akselerasi atau peningkatan pada triwulan III, yakni tumbuh 15,5% hingga akhir September (periode Q3). Hal ini terutama ditopang oleh realisasi bantuan sosial dan dukungan untuk dunia usaha, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pos terkait

BACA JUGA