Merapi Level III, Satu Unit Helikopter Disiagakan

YOGYAKARTA, 123berita.com – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyiagakan satu unit helikopter jenis Dauphin. Ini dilakukan guna mendukung aktivitas pemantauan dan segala jenis kegiatan lainnya yang dianggap perlu dalam penanganan jika terjadi erupsi Gunung Merapi.

Hal itu disampaikan Kepala BNPB, Doni Monardo saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan dan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta. Kunjungan ini guna memonitor dan mendapatkan informasi terkait peningkatan status Gunung Merapi yang telah ditetapkan menjadi level III atau Siaga.

Menurut Doni Monardo, helikopter itu dapat digunakan oleh pemerintah daerah yang mencakup wilayah administrasi Gunung Merapi.

“Kami dari BNPB akan menempatkan helikopter di sini yang bisa mungkin nanti dimanfaatkan oleh gubernur DI Yogyakarta dan gubernur Jawa Tengah untuk memantau perkembangan Gunung Merapi,” jelasnya, Kamis (19/11/2020), dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, bnpb.go.id

.

Lebih lanjut menurut Doni Monardo, helikopter akan dititipkan kepada jajaran TNI dan disiagakan di Lanud Adi Sucipto Yogyakarta.

“Nanti akan diatur oleh TNI,” ucapnya.

Dalam hal ini, Doni Monardo berharap, nantinya penggunaan helikopter untuk pemantauan dan peninjauan kondisi Gunung Merapi juga dilakukan oleh tim dari Badan Geologi maupun BPPTKG. Dengan negitu, informasi akurat dari para tim ahli kemudian dapat digunakan untuk memberikan penanganan dan kegiatan lain dalam memitigasi potensi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi.

author
Journalist & Content Writer