Monumen Didi Kempot bakal Dibangun di Solo, Stasiun Balapan Jadi Alternatif

SOLO, 123berita.com – Sosok Didi Kempot memang telah tiada. Namun, prestasi dan karyanya akan terus abadi dan dikenang. Salah satu bentuk apresiasi, pemerintah Kota Solo berencana membangun monumen Lord Didi.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengusulkan pemberian anugerah berupa monumen Didi Kempot sebagai bentuk penghargaan terhadap sang maestro campursari.

Saat ini, pria akrab disapa Rudy itu tengah mengirimkan surat usulan pemberian anugerah kepada musisi berjuluk The Godfather of Broken Heart kepada Menteri Sosial (Mensos).

“Ini kami mengirim surat kepada Menteri Sosial supaya ada anugerah penghargaan kepada Mas Didi Kempot sebagai musisi yang punya talenta luar biasa,” kata Rudy, Minggu (10/05/2020), dikutip dari Kompas.com.

Talenta luar biasa dimaksud itu adalah ketika Didi Kempot menggelar konser amal di rumahnya bersama sebuah stasiun televisi swasta dapat mengumpulkan dana sebesar Rp5 miliar selama tiga jam. Bahkan, ketika waktunya diperpanjang, penyanyi campursari legendaris ini berhasil mengumpulkan total dana sebesar Rp 7,6 miliar.

“Talenta yang ditinggalkan dan diwariskan ini adalah ketika konser di rumah itu bisa mengumpulkan dana seketika selama tiga jam Rp5 miliar lebih, itu baru satu-satunya Mas Didi Kempot,” ujar Rudy.

Rudy mengungkapkan, tak perlu membuat petisi terkait pemberian penghargaan terhadap sang maestro campursari itu.

“Kami sudah pikir ke sana (pemberian anugerah). Kalau dibuatkan monumen mestinya harus buat rancangan dulu. Di Stasiun Balapan boleh, Terminal Tirtonadi juga bisa, atau di Taman Tirtonadi. Ini kan banyak (tempat),” ungkap dia.

“Jurug pun juga pernah dinyanyikan oleh Mas Didi. Lha sehingga petisi itu nanti akan kami terima, kami bicarakan dengan tokoh-tokoh seniman dan budayawan sebaiknya di mana,” sambung dia.

Tentunya, kata Rudy, anugerah yang nantinya diberikan terhadap maestro campursari Didi Kempot bersifat internasional. Pertimbangannya adalah banyak lagu karya Didi Kempot dinyanyikan di luar negeri, salah satunya di Amerika Serikat.

“Ini yang menjadi bahan pertimbangan untuk memberikan anugerah kepada Mas Didi Kempot,” tukas Rudy.

author
Journalist & Content Writer