Mudik Lebaran 2021, Menhub: Mudik Tak Bisa Dilarang

Pemerintah bolehkan Mudik Lebaran 2021, Foto: Pinterest

123berita.com – Jelang perayaan Idul Fitri 2021, pemerintah telah membahas tentang kesiapan transportasi untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2021. Hal itu dibahas Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/03/2021).

Pada rapat itu, Menhub menyatakan pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021 nanti.

Bacaan Lainnya

“Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik),” ungkap Budi Karya Sumadi.

Pihaknya menyadari pelarangan mudik bagi masyarakat saat Lebaran nanti tidak bisa dilakukan. Kendati berpotensi memicu kenaikan angka kasus Covid-19, tradisi pulang kampung tidak dapat dibendung, meskipun telah dilarang.

“Paling bagus mudik dilarang. Tahun ini mudik enggak dibatasi karena pengalaman tahun lalu, dilarang pun enggak bisa, jadi lebih mengarah bahwa pemerintah tidak bisa melarang,” ujarnya kepada awak media, Rabu (17/03/2021).

Kendati demikian, pemerintah masih akan melakukan kajian lebih lanjut terkait penerapan protokol kesehatan. Hal ini dilakukan karena sejauh ini penyebaran Covid-19 di Indonesia belum dapat dikendalikan sepenuhnya.

Sementara guna mengantisipasi adanya lonjakan penumpang pada masa mudik Lebaran tahun ini, pemerintah akan melaksanakan tracing secara ketat terhadap masyarakat bepergian.

Di samping itu, pemerintah juga tengah berkonsultasi dengan pihak-pihak terkait untuk memperketat syarat perjalanan, yakni dengan mempersingkat masa berlaku alat screening (penyaringan) Covid-19, seperti GeNose, rapid test, atau PCR test.

Pemerintah juga akan memperketat aturan memakai masker, menjaga jarak, melakukan desinfeksi sarana dan prasarana, menjaga jarak, serta mengatur jadwal layanan. (dev)

Pos terkait

BACA JUGA