Mulai Juli, Pelajar Masuk Sekolah Lagi Wajib Pakai Masker

JAKARTA, 123berita.com — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berencana membuka kembali sekolah pada pertengahan Juli 2020.

“Kami merencanakan membuka sekolah mulai awal tahun pelajaran baru, sekitar pertengahan Juli,” ujar Plt Direktur Jenderal PAUD Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muhammad Hamid kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Sabtu (09/05/2020).

Bacaan Lainnya

Saat ini sekolah di sebagian besar daerah masih melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) akibat dampak pandemi virus corona (Covid-19). Muhammad Hamid menegaskan, rencana ini dimungkinkan untuk sekolah di daerah-daerah yang sudah dinyatakan aman dari wabah corona.

“Untuk daerah-daerah yang sudah dinyatakan aman oleh Satgas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan,” tambahnya, dikutip dari CNNIndonesia.com

.Masker

Lebih jauh, Muhammad Hamid mengatakan nantinya kegiatan sekolah akan menggunakan protokol kesehatan di area institusi pendidikan yang sudah ditentukan pemerintah. Sistem pembelajaran diwajibkan memakai masker. Namun, Hamid tidak menjelaskan lebih lanjut apakah pihaknya bakal menetapkan protokol kesehatan tersendiri maupun pembatasan jumlah siswa.

PJJ sudah berlangsung setidaknya dua bulan lebih di sebagian besar daerah. Sebelumnya Kemendikbud menyatakan tengah menyiapkan tiga skenario belajar di tahun ajaran 2020/2021.

Pertama kegiatan belajar dilakukan di sekolah, sebagian di sekolah dan sebagian PJJ, serta sepenuhnya PJJ sampai akhir tahun.

Pos terkait