Netanyahu Temui MBS, Arab Saudi Buka Pintu Kerja Sama dengan Israel?

123berita.com – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu diam-diam terbang ke Arab Saudi pada Minggu (22/11/2020) untuk bertemu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Kabar itu diungkapkan media Israel.

Seorang anggota kabinet Netanyahu dan Partai Likud pada Senin (23/11/2020) mengkonfirmasi laporan pemimpin Israel telah menggelar pertemuan di Arab Saudi. Pertemuan itu disebutnya sebagai sebuah pencapaian luar biasa.

Bacaan Lainnya

“Fakta bahwa pertemuan itu terjadi dan diumumkan ke publik, meskipun sekarang masih semiresmi, namun itu adalah masalah yang sangat penting,” kata Menteri Pendidikan Yoav Gallant kepada Radio Angkatan Darat ketika ditanya tentang kunjungan tersebut, dikutip dari Aljazeera

.

Pertemuan Minggu kemarin menandai pertemuan perdana antara pejabat senior Israel dan Saudi, di tengah dorongan AS untuk meyakinkan negara-negara Arab agar melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Sebelumnya, radio publik Kan Israel dan Radio Angkatan Darat mengabarkan Kepala Badan Intelijen atau Mossad, Yossi Cohen juga menghadiri pertemuan tersebut yang dilakukan di Kota Neom, kawasan Pantai Laut Merah Arab Saudi.

Sementara Kantor PM Israel Benjamin Netanyahu dan Kedutaan AS untuk Israel belum memberikan pernyataan resmi. Demikian pula dengan pemerintah Saudi.

Pos terkait