Netizen Riuh! WhatsApp, Instagram dan Facebook Ikut Down

Sejumlah platform Facebook alami down server, Sabtu (20/3/2021) dini hari WIB. Foto: Pinteest

123berita.com – Seakan berjemaah, beberapa platform milik Facebook sempat mengalami down server pada Sabtu (20/03/2021) dini hari WIB. Secara bersamaan, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan beberapa platform lain sulit diakses.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook, Leslie Grant, hanya menyebutkan adanya kendala teknis.

Bacaan Lainnya

“Hari ini, masalah teknis menyebabkan orang kesulitan mengakses beberapa layanan Facebook,” terang Leslie tanpa menginformasikan secara spesifik penyebab masalah yang terjadi.

Leslie juga mengungkapkan permintaan maaf atas kejadian ini dalam keterangannya.

“Kami menyelesaikan masalah ini untuk semua orang. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” imbuhnya.

Kendati demikian, dalam sebuah cuitan di Twitter resmi Facebook Gaming, pihaknya mengungkapkan masalah yang sama dan berpengaruh pada permainan.

“Ada sejumlah masalah yang saat ini memengaruhi produk Facebook, termasuk aliran gim. Beberapa tim sedang mengatasinya dan kami akan memberitahukan anda jika sudah kembali normal,” tulis Facebook Gaming.

Diketahui, meskipun hanya bermasalah selama 30 menit, terdapat kurang lebih 55 ribu pengguna Instagram, lebih dari 9.000 pengguna WhatsApp, dan 1.500 pengguna Facebook yang melaporkan hal ini.

Alhasil hingga Sabtu (20/03/2021) pagi WIB, kata ‘WhatsApp’ dan tanda pagar #instagramdown ramai menjadi perbincangan warga Twitter. Tak kurang dari 1,6 juta twit membicarakan WhatsApp dan lebih dari 167 ribu twit menggunakan #instagramdown.

Dari informasi yang didapat, keluhan ini tak hanya terjadi pada pengguna di Indonesia. Sejumlah pengguna di negara-negara Eropa, Australia, Asia, dan Afrika juga merasakan hal sama. (dev)

Pos terkait

BACA JUGA