Nokia Siap Pangkas 10.000 Karyawan di Dunia, Ada Apa?

123berita.com – Raksasa telekomunikasi Finlandia, Nokia akan memangkas antara 5.000 hingga 10.000 karyawannya di seluruh dunia dalam dua tahun mendatang. Langkah ini terpaksa diambil demi penghematan biaya operasional.

Tak jelas di mana sebagian besar pemangkasan akan dilakukan. Namun, disebutkan sekira 96 pekerjaan di Inggris terancam dipangkas sebagai bagian dari pemotongan biaya sebesar £518 juta.

Bacaan Lainnya

Nokia sendiri saat ini tengah berupaya mengejar ketertinggalan di 5G. Pihak perusahaan juga berencana berinvestasi dalam komputasi awan dan penelitian infrastruktur digital.

Nokia saat ini memiliki 90 ribu karyawan di dunia dan telah memangkas ribuan pekerjaan sejak 2015 silam.

“Saat ini kami mengharapkan proses konsultasi di Inggris yang mencakup sekitar 96 peran,” kata juru bicara Nokia, dikutip dari BBC, Selasa (16/03/2021).

“Namun, pada tahap ini, ini hanya perkiraan. Masih terlalu dini untuk berkomentar secara rinci karena kami baru saja memberi tahu dewan pekerjaan lokal dan mengharapkan proses konsultasi segera dimulai, jika memungkinkan,” tambahnya.

Pada 2018, Nokia mempekerjakan karyawan di seratus negara. Menurut perwakilan serikat pekerja, di Finlandia, notabene merupakan basis perusahaan, sekira 300 pekerjaan terancam hilang, terutama dari kantor pusat Helsinki.

Pos terkait

BACA JUGA