Pemerintah Mulai Antisipasi Varian Covid Baru

Ilustrasi perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit (Foto: Pixabay/Mufid Majnun)
Ilustrasi perawatan pasien Covid-19 di rumah sakit (Foto: Pixabay/Mufid Majnun)

123Berita.com – Berbagai macam mutasi virus SARS-CoV-2 telah masuk ke Indonesia, sehingga pemerintah perlu waspada dengan membatasi pintu masuk dari luar negeri.

Varian Covid-19 baik yang digolongkan sebagai virus berbahaya dan masih dalam pengawasan oleh Organisasi Kesehatan Dunia kebanyakan dari luar negeri seperi India, Afrika Selatan, Brazil dan Amerika.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan mengurangi pintu masuk ke Indonesia baik di bandara, pelabuhan maupun lintas batas darat.

“Kita sudah mengidentifikasi semua bandara, pelabuhan dan lintas batas darat untuk memastikan kantor karantina di sana diperkuat. Kita semalam dengan Pak Menkomarinves sudah akan mengurangi jumlah point of entry,” kata Budi saat Rapat Kerja dan RDP dengan Komisi IX DPR RI Bersama Kementerian Keuangan dan Satgas Covid-19, Senin (13/9).

Budi menambahkan dengan perkuatan perbatasan dapat mencegah masuknya varian baru yang dibawa dari luar negeri.

“Seperti tadi yang kita sampaikan harus memperkuat perbatasan kita,” imbuhnya.

Pihaknya mengungkapkan varian baru ini juga dibawa oleh pekerja migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Tanah Air. PMI, lanjutnya, kebanyakan tidak menerima vaksinasi dari negara kerjanya. Bahkan PMI juga tidak mendapat rekomendasi tempat tes RT PCR yang sesuai standar.

“Pekerja migran Indonesia rupanya dinegara asalanya tidak semua di vaksin, mungkin mereka jga tempat tesnya bukan tempat tes yang baik,” papar Budi.

Untuk itu pihaknya bersama dengan Kementerian Luar Negeri akan bekerja sama untuk mencarikan lokasi tes RT PCR bagi para PMI yang hendak pulang ke Indonesia.

BACA JUGA