Penting ! Ini Dia Peralatan Pendaki Gunung Yang Wajib Dibawa

Penting ! Ini Dia Peralatan Pendaki Gunung Yang Wajib Dibawa
Penting ! Ini Dia Peralatan Pendaki Gunung Yang Wajib Dibawa

123Berita.com – Mendaki gunung merupakan aktivitas olahraga di alam bebas yang lumayan berat untuk dilakukan. Dibutuhkan ketahanan atau kondisi fisik yang prima untuk mendaki sebuah gunung.

Banyaknya barang yang perlu dibawa hingga trek atau jalur pendakian yang sulit menjadi sebuah tantangan yang menanti para pendaki untuk bisa berkemah atau mencapai puncak gunung. Angin  kencang, suhu dingin, oksigen yang menipis dan hewan-hewan liar di gunung perlu menjadi perhatian saat mendaki gunung.

Untuk itu, berikut beberapa persiapan yang perlu disiapkan saat mendaki gunung:

Carrier

Carrier atau biasa dikenal dengan sebutan tas gunung merupakan salah satu hal utama yang harus disiapkan sebelum mendaki gunung. Carrier tersedia dalam berbagai ukuran mulai 40,60,90 hingga 100 liter. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan postur tubuhmu.

Sepatu atau Sandal Gunung

Saat mendaki gunung, tentu kita akan menemukan berbagai karakter medan. Alas kaki menjadi hal yang penting untuk membuat diri kita tetap terlindungi selama melakukan pendakian. Jika sedang berjalan atau trekking, pakailah sepatu untuk pendakian yang lebih aman dan nyaman. Pilihlah sepatu gunung yang tidak licin agar tidak tergelincir saat berjalan di tanah yang basah.

Pakaian

Kita perlu menyiapkan beberapa macam jenis pakaian, seperti jaket, celana panjang, jas hujan, penutup kepala, sarung tangan, kaus kaki dan sebagainya.

Jaket menjadi barang yang penting untuk melindungi tubuh, terlebih saat ingin mendaki gunung dengan ketinggian di atas 1000 mdpl. Pilihlah bahan yang nyaman sesuai kebutuhan. Hindari penggunaan pakaian berbahan jeans karena dapat menyebabkan hipotermia.

Tenda, Sleeping Bag, dan Matras

Tenda merupakan rumah pelindung saat kita melakukan pendakian. Pilihlah tenda sesuai dengan jumlah kelompok anda.

Adapun sleeping bag merupakan salah satu benda yang digunakan saat ingin istirahat atau tidur. Dengan menggunakan sleeping bag, kita dapat mengurangi resiko terjadi hipotermia.

Sementara matras bisa digelar di dalam tenda untuk alas tidur dan di luar untuk alas duduk. Fungsi utamanya sebagai penghalang hawa dingin di tanah.

Senter

Senter diperlukan untuk pendakian saat malam hari. Pilihlah senter dengan pencahayaan yang dapat menembus kabut. Untuk segi keamanan dan kepraktisan, pilihlah senter kepala agar tangan tidak terganggu saat harus fokus berjalan.

Nesting dan Bekal Makanan Minuman

Biasanya, tiap satu kelompok pendaki akan membawa satu set nesting untuk memasak. Bawalah perbekalan sesuai dengan lama pendakian dan jumlah anggota, semua dibagi rata atau menyesuaikan kemampuan tenaganya.

Obat-Obatan

Obat-obatan menjadi hal penting yang harus ada di carrier untuk mengatasi sakit atau cedera saat melakukan pendakian gunung. Obat yang sebaiknya dibawa antara lain obat penurun panas, obat pengurang nyeri, obat anti alergi, obat asma, obat diare dan salep antibiotik untuk mengobati luka lecet.

Persiapan Fisik

Anda harus melakukan olahraga kecil minimal sebulan sebelum anda mendaki. Hal ini berguna untuk melatih fisik saat mendaki gunung di segala medan.

Olahraga yang cocok untuk anda lakukan seperti berenang, jogging, atau lari. Dengan pola makan yang teratur dan istirahat yang cukup.

BACA JUGA