Penumpang Wanita Diminta Copot Baju di Bandara Doha, Qatar Minta Maaf

Bandara Doha, Qatar (doha-airport.com)
Bandara Doha, Qatar (doha-airport.com)

Pemerintah telah mengarahkan “penyelidikan komprehensif dan transparan” atas insiden tersebut dengan bantuan negara lain. Pemerintah Australia mengatakan menerima bantuan dari Qatar dan mengkoordinasikan upaya dengan “dua atau tiga” negara lain yang warganya juga terkena dampak.

Media Australia sebelumnya mengabarkan, semua wanita dewasa yang naik pesawat dari Doha ke Sydney diperintahkan untuk turun. Mereka lalu dibawa ke ambulans di landasan dan disuruh melepas pakaian dalam mereka sebelum diperiksa.

Banyak wanita menjadi stres setelah itu dan telah menerima dukungan kesehatan dari pemerintah Australia. Pada Senin, Kementerian Luar Negeri Australia mengatakan sejumlah laporan mengindikasikan perlakuan yang diterima para wanita itu “di luar keadaan ketika para wanita dapat memberikan persetujuan tanpa paksaan”.

Namun, pemerintah menolak untuk melabelinya sebagai serangan seksual sambil menunggu rincian lebih lanjut dari pejabat Qatar. Politikus oposisi di Australia telah menyebutnya sebagai pelecehan seksual.

BACA JUGA