Peringati Hari Air Sedunia, Tema Tahun Ini: Arti Air Bagi Manusia

UN Water mengangkat tema Arti Air Bagi Manusia dalam peringatan Hari Air Sedunia, Senin(22/3/2021). Foto: Pinterest

123berita.com – Hari Air Sedunia jatuh pada tanggal 22 Maret setiap tahunnya, sehingga hari ini, Senin (22/3/2021), seluruh dunia memperingatinya.

Tema Hari Air Sedunia kali ini adalah tentang arti penting air bagi manusia, nilai sebenarnya, dan bagaimana kita dapat melindungi sumber daya yang sangat penting ini dengan lebih baik.

Pada dasarnya, manusia dan seluruh makhluk hidup di muka bumi ini tak bisa lepas dari air. Air memiliki nilai dan peran yang sangat penting bagi seluruh aspek kehidupan. Mulai dari rumah tangga, kesehatan, ekonomi, hingga kelestarian alam.

Dalam sebuah unggahan twitter oleh akun resmi @UN_Water, pihaknya mengungkapkan bahwa air dapat menciptakan kedamaian dan kesejahteraan.

“Being close to water can create feelings of peace and wellbeing,” tulisnya.

Air juga dapat menghubungkan kita dengan masyarakat dan kepercayaan kita. Pihaknya juga mengungkapkan bahwa pengelolaan sumber daya air harusnya mencerminkan nilai-nilai utama dari air itu sendiri.

“Water can connect us to our community and religion. Water resources management must reflect the full value of water,” lanjutnya.

Dikutip dari laman resmi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB), Hari Air dimulai sejak 1992, saat konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Jeneiro. Selanjutnya Majelis Umum PBB menetapkan tanggal 22 Maret sebagai Hari Air Sedunia.

Salah satu kegiatan dalam peringatan Hari Air Sedunia adalah Aksi Internasional tentang air untuk Pengembangan Berkelanjutan yang dilakukan mulai 2018 hingga 2028 mendatang. Kegiatan ini dilakukan atas kesadaran negara anggota PBB akan pentingnya air bersih dalam pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan.

Namun pada kenyataannya, tak kurang dari 4,2 miliar orang atau sekitar 55 persen dari populasi di dunia memiliki manajemen dan layanan sanitasi yang tidak baik. Hal ini mengakibatkan satu dari tiga orang hidup tanpa bisa memenuhi pasokan air.

Banyak kasus kekeringan karena sulitnya akses air bersih, cuaca ekstrim, serta akibat pemanasan global di berbagai belahan bumi. Untuk itu, sebagai manusia yang baik, sudah seharusnya kita dapat menjaga dan merawat lingkungan, terutama air, untuk anak cucu kita di kemudian hari.

Selamat Hari Air Sedunia, Maknai Air Sebagaimana Kita Memaknai Hidup. (dev)

BACA JUGA