Pertama di Dunia, Inggris Setuju Pakai Vaksin Pfizer-BioNTech Mulai Pekan Depan

Ilustrasi (Foto: Aljazeera/Reuters)
Ilustrasi (Foto: Aljazeera/Reuters)

123berita.com – Inggris pada Rabu (02/12/2020) menjadi negara pertama di dunia yang menyetujui penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech. Negara ini bahkan telah menyatakan vaksin itu akan diluncurkan mulai pekan depan.

“Pemerintah hari ini telah menerima rekomendasi dari Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) independen untuk menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech,” kata pemerintah setempat dalam sebuah pernyataan.

Bacaan Lainnya

“Vaksin akan tersedia di seluruh Inggris mulai minggu depan,” lanjutnya, dikutip dari Aljazeera, Kamis (03/12/2020).

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson memuji perkembangan tersebut sebagai kabar luar biasa.

“Perlindungan vaksinlah yang pada akhirnya akan memungkinkan kita untuk mendapatkan kembali hidup kita dan membuat ekonomi bergerak lagi,” ujarnya.

Penghuni panti jompo, staf kesehatan dan perawatan, orang lanjut usia (Lansia), dan orang-orang yang secara klinis sangat rentan penularan Covid-19 akan menjadi pihak pertama penerima vaksin.

Seperti diketahui, Inggris menjadi negara dengan kasus Covid-19 tinggi di Eropa dengan lebih dari 1,6 juta kasus virus corona baru sejak pandemi dimulai pada akhir 2019. Menurut data resmi, lebih dari 59 ribu warga meninggal akibat paparan virus ganas itu.

Pfizer yang berbasis di Amerika Serikat (AS) dan mitranya dari Jerman, BioNTech, serta perusahaan biotek AS Moderna, telah melaporkan temuan awal tentang efektivitas lebih dari 90 persen. Ini merupakan tingkat yang sangat tinggi dalam uji coba vaksin mereka. Keduanya didasarkan pada teknologi messenger RNA (mRNA) baru.

Pos terkait