Polisi Buru Dalang dan Pelaku Rusuh Demo UU Cipta Kerja

JAKARTA, 123berita.com – Demo besar menuntut Undang-Undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja berujung bentrokan dan perusakan sejumlah fasilitas publik di Jakarta, Kamis (08/10/2020) lalu. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana pun berjanji mencari dalang kerusuhan.

“Terkait masalah 8 Oktober kemarin, anarkisme pendemo, tentunya kami aparat keamanan tidak tinggal diam. Kasus ini akan kami lakukan penyelidikan dan terus kami usut terhadap para pelaku anarkis tersebut,” kata Kapolda Metro Jaya di Monas Jakarta Pusat, Senin (12/10/2020), dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Bacaan Lainnya

Irjen Pol Nana Sudjana menyebut ada 1192 peserta unjuk rasa diduga bertindak anarkis. Berdasarkan hasil pemeriksaan, ada 135 peserta unjuk rasa diduga melakukan tindakan pidana seperti perusakan dan pembakaran. Sebanyak 43 orang di antaranya telah menyematkan status tersangka.

“Ada 1192 orang dan dari hasil pemeriksaan kemudian sebagian kami bebaskan, khususnya pelajar dengan syarat mereka dijemput orangtua. Terhadap pelaku yang ada barang buktinya, hasil pendalaman mengerucut 43 orang dijadikan tersangka,” beber jenderal bintang dua.

Kapolda Metro Jaya menegaskan, tak menutup kemungkinan jumlah tersangka bertambah. Pihaknya memastikan seluruh pelaku akan dibawa ke meja hijau.

“Terhadap para pelaku perusakan, pembakaran, apakah halte Trans Jakarta atau lokasi lain akan terus kami kejar. Kami usut, kemudian kami lakukan penyelidikan. Kami akan proses terhadap para pelaku yang bertindak anarkis,” jelas mantan Kapolda NTB.

Pos terkait

BACA JUGA