PPDB Jateng 2020: Link dan Cara Daftar untuk SMA dan SMK

123berita.com – Penerimaan Peserta Didik Baru Jawa Tengah (PPDB Jateng) untuk SMA dan SMK mulai dibuka hari ini, Rabu (17/06/2020). Pendaftaran PPDB Jateng dilakukan secara online melalui link https://ppdb.jatengprov.go.id/.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebelumnya sempat mengingatkan orang tua siswa agar jangan sampai berbuat curang dengan memalsukan data. Apabila diketahui ada kecurangan, siswa bisa langsung dikeluarkan, meski sudah diterima.

“Ketika mengisi data, terutama orang tua menjaga integritas, dijaga. Ketika mengisi data sesuai kenyataan, kalau tidak, jika dia (siswa) diterima dan data salah (tidak jujur), dicoret lho. Ini saya ingatkan nanti dicoret, hati-hati,” kata Gubernur Ganjar, dikutip dari Detik News.

Berikut tata cara pendaftaran PPDB Jateng 2020 untuk SMA dan SMK.

  1. Pendaftaran untuk semua jalur melalui sistem aplikasi PPDB di link https://ppdb.jatengprov.go.id/
  2. Membuat Surat Pernyataan Kebenaran Dokumen dengan contoh dapat dilihat di situs PPDB Jateng.
  3. Melakukan registrasi dan verifikasi pendaftaran di sistem aplikasi PPDB Jateng.
  4. Menginput data pribadi sesuai alur dalam sistem aplikasi PPDB Jateng.
  5. Mengunggah surat pernyataan kebenaran dokumen.
  6. Mengunggah surat keterangan nilai rapor semester 1-5.
  7. Mengunggah piagam prestasi penghargaan bagi yang memilikinya atau memilih pendaftaran di Jalur Prestasi.
  8. Apabila calon peserta didik memiliki piagam prestasi penghargaan lebih dari satu, maka yang diunggah adalah dengan bobot nilai tertinggi.
  9. Mengunggah surat keterangan yang diterbitkan Dinas Kesehatan Provinsi yang bersangkutan, khusus bagi calon peserta didik yang merupakan putra putri tenaga kesehatan dan tenaga pendukungnya yang menangani langsung pasien Covid-19, melakukan pengamatan dan atau penelusuran kasus Covid-19 dengan kontak langsung pasien dan atau orang dengan kasus Covid-19 yang memiliki risiko tertular Covid-19, dengan wilayah kerja di luar Provinsi Jawa Tengah, dan masih tercatat sebagai warga Provinsi Jawa Tengah.
  10. Calon peserta didik menyatakan diri bersedia atau tidak bersedia disalurkan pada jalur zonasi.
  11. Calon peserta didik harus memenuhi keseluruhan tahapan dan proses input data yang diperlukan dalam sistem aplikasi PPDB, dan apabila calon peserta didik telah menginput data yang diperlukan di persyaratan, maka akan memperoleh nomor pendaftaran.
  12. Jurnal dan hasil seleksi dapat dilihat pada sistem aplikasi PPDB dengan nomor pendaftaran peserta PPDB.
author
Journalist & Content Writer