Profil Iman Brotoseno, Sutradara yang Jadi Dirut TVRI

JAKARTA, 123berita.com — Sutradara Iman Brotoseno ditetapkan sebagai Direktur Utama (Dirut) Pengganti Antarwaktu Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) periode 2020-2022, Selasa (26/05/2020) kemarin oleh Dewan Pengawas.

Posisi mentereng itu ia duduki menggantikan Helmy Yahya yang diberhentikan Dewan Pengawas (Dewas) LPP TVRI lewat sebuah surat keputusan pada 16 Januari 2020 lalu.

Melansir CNNIndonesia.com, pria lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) angkatan 1984 ini cukup dikenal akrab dalam dunia seni dan perfilman nasional. Dunia film telah digelutinya sejak akhir 1998.

Dirangkum dari pelbagai sumber, Iman Brotoseno pernah bergabung dengan sebuah firma hukum, namun tak lama. Ia, bahkan setelah lulus kuliah langsung terlibat di sebuah rumah produksi yang mengolah konten film dan iklan.

Setelah itu, kariernya di dunia hiburan makin meroket. Iman Brotoseno kerap menyutradarai beberapa film, iklan, dan film dokumenter. Bukan itu saja, dirinya juga pernah menggarap sinetron FTV hingga video klip musik. Iman bahkan pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pekerja Film Iklan Indonesia.

Salah satu film terkenal besutan Iman Brotoseno adalah “3 Srikandi”. Film yang dirilis pada 2016 itu bercerita tentang tiga atlet panahan perempuan asal Indonesia, peraih medali pertama di ajang Olimpiade Seoul 1988.

Bukan hanya sebagai sutradara, lulusan Television School London ini juga dikenal sebagai blogger aktif melalui website pribadinya di blog.imanbrotoseno.com sejak 2005 silam. Blognya berisi kumpulan tulisan mengenai pelbagai gagasan, ide, harapan serta jurnal hariannya.

Iman Brotoseno juga aktif menggelar pelbagai jenis workshop berkaitan dengan media sosial. Ia sempat menggelar beberapa workshop di Stockholm Internet Forum dan Malaysia International Tourism Bloggers Conference.

Aktif ‘nge-blog’, Iman pun pernah didaulat untuk menjabat sebagai chairman

Pesta Blogger pada 2007 dan presiden dari ASEAN Blogger Community.

Kegemarannya tak sampai di situ, Iman Brotoseno secara khusus turut mendalami aktivitas menyelam sembari melakukan fotografi dan videografi bawah laut. Ia bahkan mendapatkan lisensi instruktur selam dari Professional Association of Diving Instructors (PADI). Karena kegemaran itu pula, Iman didapuk sebagai film director and executive producer di Orange Waterland Films.

Di dunia jurnalistik, Iman pernah menjadi kontributor untuk majalah National Geographic Indonesia, Playboy Indonesia, Majalah Chic Photo Video dan Nikonias sejak 2005 hingga 2008.

Iman Brotoseno juga aktif di media sosial Twitter melalui akun pribadinya @imanbr. Dalam biodata di akun Twitternya, ia mengaku sebagai penggemar Proklamator sekaligus Presiden pertama RI Soekarno. Tulisan di blog pribadinya pun kerap ditemukan banyak tulisan mengenai Soekarno.

Di akun Twitternya itu pula Iman kerap mengetwit berbagai hal. Mulai dari dunia hiburan, fenomena sosial hingga perpolitikan Tanah Air.

Saat perpolitikan Tanah Air mulai memanas pada Pilpres 2019 lalu, Iman Brotoseno kerap mengetwit pelbagai hal. Salah satunya mengkritisi tindakan calon presiden nomor urut 02 kala itu, Prabowo Subianto yang marah-marah di atas mobil kepada para pendukungnya saat kampanye berlangsung

Kala itu videonya beredar luas melalui media sosial. Prabowo yang berdiri dari atas mobil hitamnya yang melaju pelan menuju ke Taman Prawatasari, Cianjur tiba-tiba marah dan tampak mendorong tangan seorang pria berbaju batik.

Video itu salah satunya diunggah akun Twitter Capres Abadi @p3nj3l4j4h yang kemudian postingan itu di-retweet Iman Brotoseno melalui akun @imanbr.

author
Journalist & Content Writer