Rumah Sakit di India Terbakar, 13 Pasien Tewas di Tengah Krisis Oksigen Covid-19

Pasien dievakuasi dari rumah sakit pada Jumat (23/04/2021) pagi setelah terjadi kebakaran (Foto: BBC/European Pressphoto Agency)
Pasien dievakuasi dari rumah sakit pada Jumat (23/04/2021) pagi setelah terjadi kebakaran (Foto: BBC/European Pressphoto Agency)

123berita.com – Setidaknya 13 pasien meninggal dunia, menyusul terjadinya kebakaran di unit perawatan intensif sebuah rumah sakit di India yang merawat pasien Covid-19. Api yang sempat berkobar pada Jumat (23/04/2021) pagi telah berhasil dipadamkan. Sementara empat orang yang berhasil selamat telah dipindahkan ke rumah sakit terdekat.

Melansir BBC, kebakaran terjadi di Rumah Sakit Vijay Vallabh di daerah Virar negara bagian Barat Maharashtra, berjarak sekira 70 km di Utara Kota Mumbai. Masih belum jelas bagaimana kobaran api kali pertama muncul. Menteri Utama Maharashtra sendiri telah memerintahkan dilakukannya penyelidikan.

Bacaan Lainnya

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi telah menyampaikan belasungkawa di Twitter dengan menyebut kekabaran itu merupakan insiden tragis. Insiden itu terjadi di tengah gelombang kedua infeksi Covid-19 yang mematikan di India. Lonjakan pasien telah membebani rumah sakit, menyebabkan kekurangan oksigen, tempat tidur ICU, dan ventilator.

Pada Jumat, India mencatat 332.730 kasus virus corona. Sementara angka kematian harian akibat Covid-19 naik dengan rekor 2.263 dalam 24 jam sebelumnya.

Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di India telah mengakibatkan krisis perawatan kesehatan di beberapa negara bagian. Atas situasi ini, PM Modi akan menggelar pertemuan dengan menteri utama negara bagian yang paling terkena dampak dan produsen oksigen hari ini.

Pengadilan tinggi India telah meminta pemerintah pusat untuk memperkuat pasokan oksigen, obat-obatan, pengobatan, dan vaksin. Mahkamah Agung menyebut situasi tersebut sebagai darurat kesehatan nasional.

Pos terkait

BACA JUGA