Sadis! Hacker Tiongkok Incar 30 Ribu Entitas AS, Ada Apa?

Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

123berita.com – Sedikitnya 30 ribu organisasi AS, termasuk pemerintah lokal telah diretas dalam beberapa hari terakhir oleh kampanye spionase dunia maya Tiongkok yang sangat agresif. Hal itu diungkapkan seorang spesialis keamanan komputer, Brian Krebs dalam sebuah postingan di situsnya.

Menurutnya, mereka menemukan kelemahan dalam perangkat lunak Microsoft Exchange, mencuri email, dan menginfeksi server komputer dengan alat yang memungkinkan peretas mengambil kendali dari jarak jauh.

“Ini adalah ancaman aktif,” kata juru bicara Gedung Putih, Jennifer Psaki, dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (06/03/2021).

“Setiap orang yang menjalankan server ini perlu bertindak sekarang untuk menambalnya. Kami prihatin jumlah korbannya banyak,” tambahnya.

Setelah Microsoft melakukan tindakan guna mengatasi kerentanan pada Selasa (02/03/2021), serangan justru meningkat secara dramatis pada server yang belum diperbarui dengan sistem keamanan.

“Setidaknya 30 ribu organisasi di seluruh Amerika Serikat, termasuk sebagian besar bisnis kecil, kota kecil, kota besar, dan pemerintah lokal, selama beberapa hari terakhir telah diretas oleh unit spionase dunia maya Tiongkok yang luar biasa agresif. Mereka berfokus pada pencurian email dari organisasi korban,” beber Krebs dalam postingannya.

BACA JUGA