Sah! Kongres Putuskan Joe Biden Menang Pilpres AS Usai Pendukung Trump Ngamuk

123berita.com – Kongres AS akhirnya mengesahkan kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden (Pilpres), beberapa jam setelah pendukung Donald Trump menyerbu gedung Capitol dalam serangan yang menewaskan empat orang.

Anggota parlemen melanjutkan sesi pembahasan setelah polisi berhasil mengusir massa pedemo yang berupaya mengganggu jalannya sidang.

Bacaan Lainnya

Pengesahan oleh Kongres ini membuka jalan bagi Biden untuk dilantik sebagai presiden Amerika Serikat (AS) pada 20 Januari 2021 mendatang.

Kemenangan Joe Biden yang diusung Partai Demokrat ditetapkan pada Kamis (07/01/2021) sekira pukul 03:30 waktu setempat (08:30 GMT). Pengesahan oleh Kongres ini dipimpin Wakil Presiden Mike Pence dari Partai Republik.

Pada kesempatan itu, Mike Pence juga menyebut aksi kekerasan yang terjadi di Capitol Hill sebagai hari gelap dalam sejarah Amerika Serikat.

Kekacauan yang terjadi pada Rabu waktu setempat sebagai buntut dari pernyataan Trump tentang klaim kecurangan pemilu. Serbuan terhadap Capitol AS oleh para pendukung presiden yang sebagian bersenjata, merupakan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Amerika modern.

Biden mengecam aksi anarkis itu karena Trump, sambil menyuruh massa untuk membubarkan diri, terus membuat klaim palsu atas penipuan pemilu. Akun Twitter dan Facebook presiden, bahkan sampai diblokir lantaran dianggap telah melontarkan provokasi massa.

Pos terkait

BACA JUGA