Sah! Kongres Putuskan Joe Biden Menang Pilpres AS Usai Pendukung Trump Ngamuk

Keberatan beberapa anggota parlemen dari Partai Republik untuk membatalkan hasil di Arizona dan Pennsylvania ditolak. Kongres secara resmi mengesahkan pemungutan suara final electoral college dengan Biden meraup 306 suara, unggul dari Trump yang memperoleh 232 suara.

“Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari,” kata Trump dalam sebuah pernyataan, tak lama setelah akun media sosialnya diblokir, dikutip dari BBC, Kamis (07/01/2021).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Wali Kota Washington DC, Muriel Bowser, mengatakan salah satu dari empat orang yang tewas adalah seorang wanita. Ia merupakan bagian dari kelompok yang memaksa masuk ke ruang DPR saat masih dilakukan sidang.

Mereka diadang petugas polisi berpakaian preman. Demi mengamankan sidang, seorang petugas terpaksa mengeluarkan senjata dan menembakkannya ke arah pedemo.

Seorang wanita yang jadi korban penembakan lantas dibawa ke rumah sakit, namun nyawanya tak tertolong. Polisi sejauh ini belum mengungkap identitas korban meninggal, namun media lokal mengidentifikasinya sebagai veteran Angkatan Udara AS di wilayah San Diego dan pendukung Trump Ashli ​​Babbit.

Para pejabat setempat menyebut korban penembakan, seorang wanita dan dua pria meninggal akibat keadaan darurat medis. Sementara dari pihak aparat, sedikitnya 14 anggota polisi terluka selama kerusuhan itu. (and)

Pos terkait

BACA JUGA