Saingi AS hingga Rusia, Tiongkok Luncurkan Modul Pertama Stasiun Luar Angkasa Baru

123berita.com – Tiongkok terus berambisi menjadi yang terdepan dalam teknologi antariksa. Hal itu tampak dari dilakukannya peluncuran stasiun luar angkasa permanen baru.

Melansir BBC, Kamis (29/04/2021), Modul Tianhe diluncurkan dari Pusat Peluncuran Luar Angkasa Wenchang dengan roket Long March-5B Y2. Pemerintah Negeri Tirai Bambu berharap stasiun baru beroperasi pada 2022.

Bacaan Lainnya

Saat ini, satu-satunya stasiun luar angkasa di orbit adalah Stasiun Luar Angkasa Internasional ISS. Tiongkok terlambat memulai dalam hal eksplorasi ruang angkasa. Baru pada 2003, mereka mengirim astronaut pertamanya ke orbit. Program ini menjadikan Tiongkok negara ketiga yang melakukannya setelah Uni Soviet dan AS.

Sejauh ini, Tiongkok telah mengirimkan dua stasiun luar angkasa sebelumnya ke orbit. Tiangong-1 dan Tiangong-2 adalah stasiun uji coba yang memungkinkan astronaut tinggal relatif singkat.

Sebaliknya, stasiun baru akan beroperasi setidaknya selama sepuluh tahun. Beijing merencanakan setidaknya sepuluh lagi peluncuran serupa yang membawa lebih banyak modul sebelum penyelesaian stasiun tahun depan.

Selain stasiun ruang angkasa berawak, Beijing merencanakan perjalanan ke bulan dan bahkan Mars, belum lagi mengoperasikan teleskop radio terbesar di dunia.

Peluncuran pada Kamis dari Wenchang dilakukan setelah Tiongkok dan Rusia sebelumnya mengumumkan rencana untuk membangun stasiun luar angkasa bulan bersama-sama. (and)

Pos terkait

BACA JUGA