Seiko Hashimoto Jadi Presiden Olimpiade Tokyo 2020, Gantikan Yoshiro Mori

123berita.com – Seiko Hashimoto ditunjuk sebagai presiden Olimpiade Tokyo 2020 menggantikan pendahulunya, Yoshiro Mori yang mundur karena pernyataan kontroversial yang dia buat.

Yoshiro Mori menyebut wanita terlalu banyak bicara. Pernyataan itu pun menuai reaksi keras dari banyak pihak hingga dia harus mengundurkan diri dari jabatan presiden Olimpiade.

Bacaan Lainnya

Mori sebelumnya mengatakan jika jumlah anggota dewan dari kalangan wanita meningkat, mereka harus memastikan waktu bicaranya agak dibatasi. Pasalnya menurut Mori, wanita cukup sulit menghentikan pembicaraan dan itu dirasa cukup menjengkelkan.

Mori pun akhirnya meminta maaf atas pernyataan yang tak pantas diucapkan. Dia menyatakan prioritasnya adalah memastikan Olimpiade digelar pada Juli.

Dewan Komite Olimpiade Jepang sendiri saat ini memiliki 24 anggota, lima di antaranya adalah wanita.

Sementara itu, Hashimoto mengatakan pada Kamis (18/02/2021), dia telah mengundurkan diri dari perannya sebagai menteri Olimpiade untuk mengambil posisi barunya sebagai ketua Olimpiade Tokyo.

Dia berharap Olimpiade Tokyo bisa menjadi ajang persaudaraan yang menerima orang apa adanya, tanpa memandang jenis kelamin, kecacatan, ras, atau pun orientasi seksual.

Pos terkait

BACA JUGA