Sekolah Tatap Muka Mulai Juli, Nadiem Makarim: Indonesia Tertinggal dari Negara Lain

Mulai Juli 2021, Mendikbud Nadiem Instruksikan untuk mulai belajar dengan tatap muka, Selasa (30/3/2021). Foto: Pinterest

123berita.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI) Nadiem Makarim menegaskan seluruh sekolah harus sudah memberlakukan kegiatan belajar secara tatap muka pada Juli 2021 mendatang.

“Jadi bukan diterapkan di Juli 2021, tapi aspirasinya semua sekolah sudah belajar tatap muka di Juli 2021. Itu sesuai keputusan SKB 4 Menteri,” terang Mendikbud Nadiem secara virtual, Selasa (30/03/2021). 

Bacaan Lainnya

Menurutnya, 85 persen negara di Asia Timur dan Asia Pasifik sudah melakukan pembelajaran tatap muka. Dapat dikatakan, Indonesia sudah tertinggal dari negara-negara Asia lainnya.

“Kita tertinggal dari negara-negara lain. Berbagai macam pihak, pakar-pakar dunia, seperti Bank Dunia, WHO, dan UNICEF semuanya sepakat bahwa penutupan sekolah bisa menghilangkan pendapatan hidup satu generasi dan memang risiko, dampaknya bisa permanen,” lanjut Mendikbud.

Mayoritas sekolah di Indonesia telah melakukan pembelajaran online atau dalam jaringan (Daring) selama satu tahun. Kondisi itu dianggap sudah terlalu lama dan akan berdampak terhadap perkembangan dan kesehatan mental anak-anak.

Pos terkait

BACA JUGA