Selain Makan dan Minum, Simak 6 Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Berikut Ini

Tak hanya makan dan minum, ini hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Foto: Pinterest

123berita.com – Hari ini seluruh umat muslim di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa Ramadan 1442 H, Selasa (13/04/2021). Ibadah puasa Ramadan merupakan salah satu Rukun Islam dan menjadi kewajiban bagi umat Islam.

Seluruh umat yang menjalankan ibadah puasa tentu berharap mampu menghindari hal-hal dapat membatalkan puasa. Hadist Riwayat Ahmad menjelaskan salah satu keutamaan puasa Ramadan adalah dikabulkannya doa oleh Allah SWT.

Bacaan Lainnya

“Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka, dan orang orang yang didzalimi. Doanya diangkat ke awan dan dibukakan baginya pintu langit dan Allah azza wa jalla berfirman: demi kemuliaan-Ku, Aku pasti menolong engkau setelah ini.” (HR. Ahmad).

Beberapa hal dapat membatalkan puasa kita antara lain:

Makan dan Minum

Puasa artinya menahan nafsu kita, salah satunya makan dan minum. Orang sengaja makan dan minum saat sedang berpuasa, ia telah membatalkan puasanya. Kendati demikian, apabila makan dan minum dilakukan dalam keadaan lupa, puasanya tidak batal.

Dari Abi Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa lupa ketika puasa lalu dia makan atau minum, maka teruskan saja puasanya karena sesungguhnya Allah telah memberinya makan dan minum.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Sengaja Muntah

Hal lain membatalkan puasa adalah muntah dengan sengaja. Namun apabila muntah karena terpaksa atau karena dorongan lain dari dalam diri seperti sakit, puasanya tidak akan batal.

Dalam Hadist Riwayat Tirmidzy, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, dan Ibnu Al Hakim, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Orang yang muntah tidak perlu mengqadha, tetapi orang yang sengaja muntah wajib mengqadha”.

Berhubungan Badan atau Jima’

Berhubungan badan atau jima’, meski tidak menyebabkan keluarnya air mani tentu dapat membatalkan puasa. Namun, berhubungan badan dengan pasangan sah pada malam hari tentu diperbolehkan.

Sengaja Mengeluarkan Sperma

Barang siapa mengeluarkan sperma atau air mani secara sengaja dapat membatalkan puasa. Misalnya saja orang bermesraan dengan pasangan lalu terangsang hingga mengeluarkan sperma saat sedang berpuasa, maka puasanya batal. Kendati begitu, apabila sperma keluar karena mimpi basah, meski di siang hari, puasanya dapat tetap dilanjutkan dan tidak batal.

Memasukkan Sesuatu ke Rongga Mulut

Memasukkan segala sesuatu ke rongga mulut, hidung, telinga, dan kemaluan juga dapat membatalkan puasa kita.

Keluar Darah Haid dan Nifas

Bagi wanita, hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah keluarnya darah haid dan nifas. Wanita sedang berpuasa dan tiba-tiba keluar darah haid, puasanya akan batal.

Demikian enam hal dapat membatalkan puasa. Selamat menjalankan ibadah puasa. (dev)

Pos terkait

BACA JUGA