Seleksi ASN 2021, BKN Siapkan Satu Portal Terintegrasi

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: setkab.go.id)
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: setkab.go.id)

“Begitu pula dengan pelamar formasi guru, SSCASN akan terintegrasi dengan pengecekan data Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) untuk validasi yang terdata pada Dapodik yang dikelola Kemdikbud,” ungkap Bima Haria Wibisana.

Sama halnya dengan pendaftaran sebelumnya, SSCASN juga akan terintegrasi dengan akreditasi program studi maupun akreditasi universitas dan lembaga pendidikan tinggi, termasuk validasi nomor ijazah yang dikelola Kemristekdikti.

Bacaan Lainnya

“Pelamar formasi tenaga kesehatan, SSCASN akan terintegrasi dengan data Surat Tanda Registrasi (STR) atas kerja sama BKN dengan Kemenkes,” jelasnya.

Menyikapi masa pandemi masih bergulir, Bima Haria Wibisana mengatakan, BKN masih tetap menyediakan sistem CAT berbasis daring secara keseluruhan, diikuti dengan penggunaan video conference sebagai sarana dalam pengawasan.

Begitu pula dengan penerapan protokol kesehatan, Bima Haria Wibisana menyebutkan, BKN akan melibatkan sejumlah pihak untuk menghindari adanya kerumunan di lokasi ujian nantinya, termasuk untuk pelaksanaan seleksi di titik lokasi luar negeri.

Ditambahkan, pada seleksi CPNS Formasi 2019, BKN bersinergi dengan Kementerian Luar Negeri dalam melaksanakan ujian di 15 negara.

Pos terkait

BACA JUGA