Seleksi ASN 2021, BKN Siapkan Satu Portal Terintegrasi

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: setkab.go.id)
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: setkab.go.id)

Adapun dari aspek persiapan penyusunan soal ujian, Bima Haria Wibisana meminta agar penyusunan soal-soal ujian, khususnya soal SKB segera dimutakhirkan oleh masing-masing Instansi Pembina Jabatan Fungsional sesuai kewenangannya.

Termasuk soal ujian untuk calon PPPK dengan menerapkan tingkat kesulitan soal sesuai standar pada level jabatan maupun antarwilayah. Sementara untuk penyusunan soal SKD saat ini sedang difinalisasi oleh Konsorsium Perguruan Tinggi.

Bacaan Lainnya

“Adapun untuk pelaksanaan seleksinya, sistem CAT BKN akan memfasilitasi SKD dan SKB bagi CPNS, sekolah kedinasan, dan PPPK nonguru, sedangkan untuk 1 juta guru PPPK akan difasilitasi dengan UNBK Kemdikbud,” jelasnya.

Terakhir, Bima Haria Wibisana menguraikan gambaran rencana pelaksanaan seleksi ASN 2021, di antaranya pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan 2021 diperkirakan akan dimulai April 2021, seleksi PPPK Guru dengan formasi 1 juta guru diperkirakan akan dilaksanakan pada Mei 2021, serta seleksi CPNS 2021 dan PPPK (nonguru) diperkirakan dilaksanakan Mei 2021.

Berdasarkan data diperoleh dari Kementerian PANRB terkait rencana pengadaan calon ASN 2021, untuk guru PPPK jumlah kebutuhannya adalah 1 juta formasi yang dapat diisi tenaga honorer terdaftar dalam Dapodik Kemendikbud, guru honorer eks THK-2, dan lulusan PPG yang tidak mengajar.

Sementara untuk ASN di pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten, dan kota, jumlah kebutuhan sebanyak 189 ribu formasi CPNS dan PPPK untuk mengisi jabatan selain guru. Selqnjutnya untuk ASN pemerintah pusat, jumlah kebutuhan sebanyak 83 ribu formasi CPNS dan PPPK.

Pos terkait

BACA JUGA