Serbu Milisi, Militer Myanmar Kuasai Kota Mindat

123berita.com – Militer Myanmar telah memasuki kota kecil di negara bagian Chin Barat. Wilayah ini diketahui melakukan perlawanan terhadap militer tiga pekan lalu, menentang kudeta.

Aktivis dari sukarelawan Chinland Defense Force mengatakan, mereka telah mundur dari Mindat untuk menyelamatkan kota dari pengeboman lebih lanjut. Mindat adalah salah satu dari beberapa kota di mana para penentang kudeta militer mempersenjatai diri. Tercatat hampir 800 warga sipil tewas dalam aksi unjuk rasa menentang kudeta militer pada Februari 2021, menggulingkan pemerintah terpilih.

Bacaan Lainnya

Melansir BBC, Senin (17/05/2021), saat ini tampaknya militer mulai mengendalikan Mindat. Selama tiga pekan aparat bertempur melawan penduduk setempat yang sebagian besar mempersenjatai diri dengan senjata rakitan. Sejumlah tentara dilaporkan tewas.

Sementara warga yang dicap sebagai pemberontak mengatakan enam pejuang mereka telah tewas. Sebagian penduduk Mindat diyakini telah mengungsi ke hutan sekitarnya, sedangkan yang lainnya masih terjebak di kota.

“Kami tidak akan tinggal lagi di kota itu, tapi kami akan kembali menyerang segera,” kata seorang juru bicara kelompok pemberontak, seperti dikutip kantor berita AFP.

“Kami hanya punya senjata rakitan. Ini tidak cukup,” tambahnya.

Aparat militer terpaksa menggunakan helikopter untuk membawa bala bantuan pasukan lantaran sedikitnya tiga dari konvoi mereka disergap. Penduduk lokal di Mindat membentuk apa yang mereka sebut Tim Administrasi Rakyat. Mereka menyatakan tidak mengakui kewenangan pemerintah militer.

Pos terkait

BACA JUGA