Siapakah Pemilik San Diego Hills Memorial Park and Funeral Home?

Siapakah Pemiliki San Diego Hills Memorial Park and Funeral Home?
Siapakah Pemiliki San Diego Hills Memorial Park and Funeral Home?

123Berita.com – Tempat pemakaman biasanya identik dengan kesan yang seram dan angker karena tidak terlalu terawat. Ini yang membuat suasana menjadi kurang nyaman saat datang ke tempat pemakaman terlebih di malam hari. Namun ternyata ada yang sangat jauh dari kesan angker dan menyeramkan yaitu San Diego Hills di Karawang.  

San Diego Hills menggunakan konsep yang sangat unik dan menarik yang belum ada di Indonesia yaitu konsep taman sehingga menghadirkan pemakaman yang sangat asri, bersih, dan juga dilengkapi dengan dukungan fasilitas yang bisa dibilang sangat lengkap bahkan tidak akan ditemukan di tempat pemakaman lainnya di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pemakaman ini dianggap sebagai makam pertama di dunia dengan konsep gabungan budaya Indonesia dan konsep forest lawn. sudah banyak selebriti dan juga tokoh nasional yang dimakamkan di sini sehingga seringkali menjadi topik pembicaraan.

Siapa Pemilik San Diego Hills?

San Diego Hills didirikan oleh Mochtar Riady di tahun 2007. Beliau adalah pendiri Lippo Group. Dikatakan bahwa San Diego Hills akan diperluas ke berbagai kota besar di Indonesia. San Diego Hills awalnya dirancang karena ide dari pemiliknya yaitu berawal dari pengalaman pribadi Mochtar Riady ketika ingin memindahkan makam orang tuanya.

Suasana makam yang kurang nyaman membuat Mochtar Riady kemudian memutuskan agar makam orang tuanya dipindahkan ke tanah miliknya di Karawang dengan tujuan agar bisa lebih nyaman dan juga makam kedua orang tuanya akan lebih terawat.

Namun sembari bertambahnya waktu yang berjalan, situs besar ini dikembangkan menjadi pemakaman umum yang dinamakan San Diego Hills. Tempat pemakaman ini dibuat seindah mungkin dan membuat tempat pemakaman menjadi tidak seram bahkan makam ini lebih terlihat seperti taman apalagi fasilitasnya yang sangat lengkap seperti tempat wisata.

Siapa Pemilik Tanah San Diego Hills?

Kematian selalu memberikan rasa dan perasaan sedih bagi mereka yang ditinggalkan. Namun, tempat pemakaman tidak mampu membantu mengurangi kesedihan orang-orang yang ditinggalkan, tidak peduli berapa banyak makam yang ada. Justru  akan menambah ketidaknyamanan dan tidak tersedianya fasilitas pemakaman.

Karena alasan tersebut maka Mochtar Riady menggunakan tanah tersebut untuk kemudian dibangun tempat kompleks pemakaman yang mengutamakan kenyamanan dan keasrian terbukti dari lahan yang luas, hijau, dan juga dukungan berbagai fasilitas terbaik.

Pemakaman tersebut telah disetujui oleh pemerintah daerah untuk membangun pemakaman komersial. Karena sistem makam di San Diego Hills adalah permanen, maka pembeli atau pemilik lahan makam tidak perlu lagi melakukan pembayaran perpanjangan sewa, sehingga pemilik makam berhak atas SKM.

Pilihan Makam San Diego Hills

San Diego Hills menawarkan makam yang umumnya terdiri dari 4 pilihan yang paling populer yaitu single burial, semi private, private estate, dan peak estate. Setiap tipe memiliki harga yang berbeda-beda juga tergantung pada jumlah lahan yang akan dibeli. Di San Diego Hills juga terdapat bangunan untuk menyimpan abu jenazah sehingga bagi keluarga atau kerabat yang ingin dikremasi juga bisa disimpan abunya di San Diego Hills.

Bukan hanya itu saja, pemakaman San Diego Hills bahkan memiliki pilihan makam dengan 3 area sesuai dengan kepercayaan yang dianut yaitu area universal, area Chinese, area Islam. Setiap area telah memiliki bangunan yang dibangun sesuai dengan aturan dan kaidah pada agama masing-masing. Semuanya dapat dimakamkan di sini tanpa memandang kepercayaan yang dianut.

Pos terkait

BACA JUGA