Status Gunung Merapi Siaga, Warga Diimbau Tak Lakukan Pendakian dan Penambangan

JAKARTA, 123berita.com – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menginformasikan status aktivitas Gunung Merapi menjadi level III atau Siaga. Kenaikan status tertanggal mulai hari ini, Kamis (05/11/2020), pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan data-data aktivitas vulkanik selama ini, BTTKG mengeluarkan status dari level II atau waspada menjadi level III atau Siaga. Kenaikan status mendorong BPTTKG mengeluarkan beberapa rekomendasi. BPPTKG melakukan pemetaan sektoral terkait prakiraan daerah bahaya meliputi 12 desa tersebar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah.

Wilayah administrasi desa yang masuk di dalam prakiraan daerah bahaya di DIY, yakni Glagaharjo, Kepuharjo, dan Umbulharjo yang berada di Kecamatan Cangkringan, Sleman. Sementara di Provinsi Jawa Tengah, tiga kabupaten teridentifikasi memiliki wilayah-wilayah desa yang masuk dalam prakiraan daerah bahaya, yakni Magelang, Boyolali, dan Klaten.

Wilayah di tingkat desa dan kecamatan yang masuk dalam tiga kabupaten tersebut, yakni Ngargomulyo, Krinjing, dan Paten di Dukun, Magelang, Tlogolele, Klakah dan Jrakah di Selo, Boyolali serta Tegal Mulyo, Sidorejo, dan Balerante di Kemalang, Klaten.

author
Journalist & Content Writer