Status Gunung Merapi Siaga, Warga Diimbau Tak Lakukan Pendakian dan Penambangan

Gunung Merapi kembali erupsi, Jumat (27/03/2020) siang. (Foto: Instagram-@bpptkg)
Gunung Merapi kembali erupsi, Jumat (27/03/2020) siang. (Foto: Instagram-@bpptkg)

Di samping itu, rekomendasi kedua yang diberikan BPPTKG, yakni penambangan di alur sungai-sungai berhulu di Gunung Merapi dalam kawasan rawan bencana (KRB) III direkomendasikan untuk dihentikan.

Selanjutnya, pelaku wisata agar tidak melakukan kegiatan wisata di KRB III Gunung Merapi, termasuk kegiatan pendakian ke puncak Gunung Merapi. Terakhir, Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu terkait upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

Bacaan Lainnya

BPPTKG menginformasikan, pascaerupsi besar Gunung Merapi pada 2010 lalu, gunung yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah mengalami erupsi magmatis. Tercatat erupsi pada rentang waktu 11 Agustus 2018 hingga September 2019.

“Seiring dengan berhentinya ekstrusi magma, Gunung Merapi Kembali memasuki fase intrusi magma baru yang ditandai dengan peningkatan gempa vulkanik dalam (VA) dan rangkaian letusan eksplosif sampai dengan 21 Juni 2020,” tulis Kepala BPPTKG Hanik Humaida, Kamis (05/11/2020).

Pos terkait

BACA JUGA