Sudan Sepakat Normalisasi Hubungan dengan Israel

123berita.com – Sudan telah melakukan penandatanganan “Abraham Accords” dengan Amerika Serikat (AS), meskipun langkah itu ditolak partai politiknya ketika kali pertama diumumkan pada Oktober 2020 lalu.

Sebuah pernyataan dari kantor perdana menteri Sudan pada Rabu (06/01/2021) menyebut, Menteri Kehakiman Nasredeen Abdulbari telah melakukan penandatanganan kesepakatan dengan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang sedang berkunjung.

Bacaan Lainnya

“Penjabat Menteri Keuangan Sudan Hiba Ahmed dan Mnuchin juga menandatangani nota kesepahaman di Khartoum terkait penyediaan fasilitas pembiayaan jembatan pada hari yang sama untuk melunasi tunggakan Sudan ke Bank Dunia,” kata kantor perdana menteri Sudan dalam sebuah pernyataan.

“Langkah ini akan memungkinkan Sudan untuk mendapatkan kembali akses ke lebih dari US$ 1 miliar dalam pembiayaan tahunan dari Bank Dunia untuk kali pertama dalam 27 tahun,” tambah pernyataan itu, dikutip dari Aljazeera, Rabu (06/01/2021).

Kedutaan Besar AS di Khartoum mengatakan perjanjian itu akan membantu Sudan lebih jauh dalam jalur transformatifnya menuju stabilitas, keamanan, dan peluang ekonomi.

Penandatanganan itu dilakukan lebih dari dua bulan setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan Sudan akan mulai menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pos terkait

BACA JUGA