Suzuki Umumkan Tim Satelit MotoGP pada April 2021, Ini Alasannya

123berita.com – Rencana Suzuki Ecstar untuk memiliki tim satelit tampaknya bakal segera terwujud. Bos tim Suzuki Davide Brivio mengungkap keputusan pabrikan Jepang menurunkan tim satelit MotoGP untuk musim 2022 akan ditentukan pada April 2021.

Suzuki dan Aprilia adalah dua pabrikan di MotoGP yang saat ini tidak memiliki tim satelit, meski Brivio telah berulang kali menyatakan keinginannya untuk memiliki tim satelit dalam beberapa tahun terakhir. Suzuki menjadi tim pertama memenangkan gelar tanpa skuad satelit di era MotoGP modern berkat Joan Mir pada musim 2020.

Bacaan Lainnya

“Terkait tim satelit, kami berbicara banyak tentang itu. Dari sudut pandang tertentu Anda mungkin berpikir itu tidak perlu karena kami memenangkan gelar,” kata Brivio dikutip dari Motorsport, Rabu (23/12/2020).

“Tetapi teknisi kami tidak setuju dengan itu karena di lintasan kami merasa perlu mendapatkan lebih banyak informasi. Dua pembalap dalam beberapa situasi tidak cukup, terutama ketika ada kondisi cuaca di mana Anda hanya dapat menjalani beberapa sesi di musim panas. Dengan begitu, punya lebih banyak pengendara akan memberi Anda lebih banyak informasi.

“Jadi, [mengumpulkan data] jauh lebih sulit daripada produsen lain.

“Karena itu, kami sebagai tim pabrikan ingin memiliki lebih banyak informasi dan berbagi informasi, tetapi proyek ini harus mendapat persetujuan dari manajemen puncak dan ini adalah sesuatu yang sedang berlangsung.

“Tapi, tentu targetnya [punya satelit] pada 2022, kita harus putuskan lebih awal, saya katakan sebelum Maret, maksimal April kalau tidak kita tidak punya waktu untuk mengatur.

“Jadi, ini masih dalam proses dan kami belum mengambil keputusan.”

Suzuki menyabet gelar juara pembalap untuk kali pertama dalam 20 tahun terakhir lewat kegemilangan Mir di MotoGP 2020. Suzuki juga memenangkan gelar tim, meskipun untuk kategori konstruktor kalah dari Ducati dan Yamaha. (and)

Pos terkait